Connect with us

Dunia

Presiden Siprus Terpilih Dua Periode

Published

on

Presiden Siprus Nicos Anastasiades kembali terpilih untuk memimpin Siprus dalam dua periode

Siprus-GeoSiar.com, Presiden Siprus Nicos Anastasiades kembali terpilih untuk memimpin dalam dua periode dalam pemilu yang digelar akhir pekan kemarin.

Nicos menang melawan pesaingnya yang merupakan seorang penantang kiri Stavros Malas dengan janji untuk memulai kembali perundingan guna menyatukan pulau tersebut dan memperkuat pemulihan ekonomi.

Hasil akhir resmi setelah pemilu putaran kedua membuat calon incumbent itu mengantongi 55,99 persen suara, mengalahkan oposisi Stavros Malas dengan 44 persen.

Meskipun kalah, sesaat setelah hasil pemilu diumumkan, Malas segera menelepon Anastasiades untuk mengakui kekalahan dan mengucapkan selamat atas kemenangan Nicos yang luar biasa.

Nicos yang kini berusia 71 tahun diketahui telah menjanjikan perundingan baru dengan pemimpin Turki Siprus Mustafa Akinci kendati terjadi keruntuhan yang sengit pada bulan Juli lalu dari perundingan yang didukung oleh PBB.

Sebagai informasi, Republik Siprus adalah sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur yang memiliki ibu kota Lefkosia (Nikosia).

Semenjak tahun 1974, di bagian utara ada Republik Turki Siprus Utara yang hanya diakui oleh Turki.

Terlepas dari janji akan dorongan perdamaian baru, ada keraguan mendalam bahwa kemajuan dapat dicapai untuk mengatasi masalah termasuk kehadiran 40.000 tentara Turki di utara.

Hubungan antara pihak Siprus Turki dan Yunani tetap tegang, dan hanya ada sedikit tanda bahwa pemerintah nasionalis di Ankara bersedia mengalah.

Menurut profesor Universitas Nicosia, Hubert Faustmann seperti dimuat Press TV memprediksi bahwa presiden tak memiliki kuasa yang kondusif untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Hal tersebut dinilai menjadi tantangan utama dimasa jabatannya yang kedua disamping menyelesaikan permasalahan ekonomi lainnya seperti banyaknya bank-bank yang dipenuhi dengan kredit macet dan lapangan kerja yang minim.(rml/r1)