Connect with us

Sumut

Belasan Rumah di Siantar Hangus Dilalap Api

Published

on

Belasan Rumah di Siantar Hangus Dilalap Api

Pematang Siantar-Geosiar.com, 12 unit rumah semi permanen di Jalan Medan Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, ludes terbakar api, Senin (5/2/2018). Kobaran api diduga bersumber dari dapur salah satu rumah warga.

Angin yang bertiup kencang membuat api dengan cepat menjalar, sehingga dalam hitungan jam rumah-rumah itu rata dengan tanah. Api berhasil dipadamkan setelah lima unit pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota dan PT STTC tiba di lokasi yang berada di kawasan pinggiran rel kereta api itu.

Menurut informasi yang dihimpun dari RT/ 01/RW/01 di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba, Roymanro Nadeak mengatakan ada 12 rumah milik 11 kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran.

“Yang kami hitung dan dari yang terlihat saya tadi ada 12 kepala keluarga yang menjadi korban, saat ini tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

“12 kepala rumah tangga yang menghuni menjadi korban kebakaran yakni, Mak Lindung, Pak Agus, Pak Bunga, Mak Endo, Sorta, Mak Ivan, Pak Kesya Manik, Pak Vinan Sinaga, Mak Isar Sibarani, Sihombing, Pak Hutabarat, dan Sinambela” jelasnya.

Seorang warga yang rumahnya turut terbakar, Manik, menduga sumber api berasal dari rumah tetangganya, Sorta Hutapea. Dia mengaku mendengar teriakan “api” dari sana.

“Mungkin dari dapur si Sorta, karena lagi kumpul-kumpul mereka di sana. Mereka bilang ada api dari dapur. Begitu dilihat, api sudah membesar,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran tersebut. Namun, kerugian akibat kebakaran tersebut diperkiraan mencapai ratusan juta rupiah.(Mtd/R2)