Connect with us

Sumut

Pemko Medan Siap Dampingi Relokasi PKL ke Pasar Marelan

Published

on

wakil walikota medan, Akhyar Nasution berbincag dengan PKL di pasar marelan

Medan-Geosiar.com, Pemko Medan siap mendampingi proses relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) dari lokasi lama ke Pasar Marelan yang baru selesai dibangun. Pemindahan ini dimulai hari ini, Jumat (2/2/2018).

Hal ini terungkap dalam pembahasan Persiapan Pengoperasionalan Pasar Marelan di Ruang Rapat I Kantor Walikota Medan, Kamis (1/2) yang dipimpin oleh Sekda Kota Medan Ir. Syaiful Bahri, didampingi Kasatpol PP Kota Medan M. Sofyan S.Sos, MAP dan Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya.

Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis mengatakan, proses pemindahan dilakukan dikarenakan dalam waktu dekat ini akan dilakukan peresmian Pasar Marelan oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin. Bahri berharap pelaksanaan pendampingan proses pemindahan dapat berjalan baik.

“Saya ingin nantinya proses pendampingan di lapangan bisa berjalan dengan baik, lancar, tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan begitu juga dengan proses eksekusi konsinyasi sisa 6 persil lahan yang belum diambil biaya ganti ruginya oleh pemilik lahan,” ujar Syaiful.

Kasatpol PP Kota Medan, Muhammad Sofyan mengamini pernyataan Syaiful. Sebagai pelaksana di lapangan, Sofyan mengatakan dirinya bersama personil dan segenap stakeholder akan melaksanakan proses pendampingan dengan sebaik mungkin sesuai dengan arahan yang diberikan pimpinan.

“Saat ini proses pengundian nomor kios pedagang sedang berlangsung. Setelah itu barulah mulai besok para pedagang akan mulai bergeser memasuki kios yang baru,” sambung Syofyan.

Pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan para pemilik lahan. Sebelumnya dari 8 persil lahan yang di konsinyasi, baru 2 persil lahan yang sudah diambil biaya ganti ruginya di PN Medan. Sedangkan 6 persil lainnya yang dimilik oleh 4 Pemilik lahan belum diambil biaya ganti ruginya.

“Pemko Medan akan didampingi langsung oleh PN Medan besok akan melakukan eksekusi konsinyasi ganti rugi lahan tersebut,” sebut Sofyan.

Rapat tersebut turut dihadiri beberapa stakeholder terkait diantara Kejari Belawan Polrestabes Medan, Polresta Pelabuhan Belawan, Kodim 0201/BS, Pimpinan OPD terkait, serta Camat Medan Area dan Camat Medan Marelan.(Aks/R2)