Connect with us

Sumut

Gerhana Super Blue Bloodmoon, Walikota Ajak Umat Islam Shalat Gerhana

Published

on

Walikota Medan, Dzulmi Eldin

Medan-Geosiar.com, Gerhana bulan Super Blue Blood Moon dapat disaksikan di wilayah Indonesia pada Rabu, (31/1/2018), malam. Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mengajak umat muslim untuk melaksanakan Shalat Khusuf (Shalat Gerhana) saat terjadinya gerhana tersebut.

“Saya mengajak seluruh umat muslim Kota Medan untuk melaksanakan Shalat Sunah Gerhana (Shalat Kusuf). Shalat ini bisa dilakukan secara berjemaah maupun sendirian. Sebab, gerhana bulan atau yang lebih terkenal dengan istilah supermoon merupakan fenomena alam sebagai salah satu pertanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT,” Kata Eldin.

Menurut Eldin, sebagai hamba Allah SWT, tentunya semua umat islam dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Sunah Gerhana. Selain menegakkan shalat, Rasullah juga mengajak umatnya untuk memperbanyak dzikir, istighfar, doa, sedekah serta amal shaliha saat peristiwa gerhana bulan terjadi.

“Melalui doa yang disampaikan itu, Insya Allah Kota Medan yang kita cintai ini menjadi rumah kita bersama yang aman, nyaman, tertib, religius dengan masyarakatnya yang sejahtera,” harapnya.

Seperti diketahui, seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan proses terjadinya gerhana bulan tersebut. Untuk daerah bagian barat Indonesia, gerhana ini diperkirakan sekitar Pukul 18.48 WIB. Sedangkan untuk Indonesia bagian tengah diperkirakan sekitar Pukul 19.48 WIT dan Indonesia bagian timur sekitar Pukul 20.48 WITA.

Gerhana bulan ini terjadi karena bulan tertutup bayangan bumi. Dimana kondisi ini terjadi karena posisi bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Akibatnya sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi bumi.

Namun gerhana bulan yang terjadi malam nanti sedikit berbeda dengan gerhana bulan biasanya. Bulan juga akan tampak lebih terang 30 persen dari biasanya dan memancarkan warna merah bercampur biru sehingga Blue Blood Moon tampil cantik dan menakjubkan. (Aks/R2)