Connect with us

Sumut

Musyawarah Selesaikan Sengketa Pemilihan Bupati Deliserdang

Published

on

ILUSTRASI : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deli Serdang putuskan hasil musyawarah atas sengketa Pemilihan Umum Deli Serdang

Deli Serdang-GeoSiar.com, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Deliserdang membacakan hasil putusan musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan pada Selasa, (30/1/2018).

Diketahui oleh Asman Siagian, Erina Kartika Sari dan Siharlon Simbolon, Majelis Musyawarah memutuskan untuk melakukan penghitungan ulang.

Selain untuk perkara atas Sofyan Nasution dan Jamilah juga diputus hal yang sama oleh Majelis Musyawarah untuk perkara yang diajukan oleh Mion Tarigan dan Zainal Arifin.

Dalam musyawarah, terdapat empat poin yang menjadi isi putusan Majelis Musyawarah, salah satunya dikabulkannya verifikasi ulang jumlah dukungan syarat pencalonan perbaikan oleh KPU Deliserdang.

Meskipun demikian, verifikasi yang dilakukan harus tetap mengacu pada dokumen B1KWK yang sudah diceklis pada tanggal 20 Januari lalu.

Dalam verifikasi ulang, pemohon diberi leluasa untuk menghadirkan saksi sebanyak 20 orang dengan diberi tanda pengenal untuk dapat mengawasi jalannya verifikasi perhitungan ulang.

Untuk termohon Sofyan Nasution dan Jamilah berkas dukungannya akan dilakukan pada Kamis (1/2/2018).

Sementara untuk Mion dan Zainal Arifin akan diagendakan pada Jumat (2/2/2018).

Masing-masing akan di mulai pada pukul 08.00 WIB.

Menanggapi hal itu, Sofyan merespon positif hasil musyawarah bersama dengan KPU Deli Serdang dan berjanji untuk memenuhi persayaratan yang diajukan.

“Ya kita tetap optimis hari ini kan dikabulkan permohonan kita. Ini memang sudah kesepakatan kita dengan KPU kemarin. Ya 20 saksi nanti akan kita siapkan dan ini sedang kita siapkan lah. Kalau untuk verifikasi faktual itukan lain lagi, ya ini dihitung kembali kita ya optimis,” pungkas Sofyan. (Trb/r1)