Connect with us

Sumut

Ingin Cari Keris, Situs Sejarah di Tapteng Dirusak

Published

on

Situs Sejarah Ilustrasi

Tapteng-Geosiar.com, Situs sejarah berupa berupa batu dan meja kursi yang berada di Bukit Harangan Julu, Lingkungan I, Kelurahan Aek Tolang Induk, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dirusak dan dibongkar sekelelompok orang tak dikenal.

Informasi yang dihimpun, perusakan situs sejarah batu kursi tersebut dilakukan sekelompok warga setempat untuk mencari keris yang dikabarkan terdapat dibawah situs tersebut.

Saat ditanya wartawan, Kapolres Tapteng, AKBP Hari Setyo Budi menerangkan, setelah mendapat laporan akan peristiwa itu, Kapolsek Pandan AKP Parohon Tambunan bersama personilnya langsung menuju lokasi ke situs sejarah batu kursi sekitar 5 kgm mendaki perbukitan.

“Dari hasil pemeriksaan personel di lokasi ditemukan bongkahan batu yang telah pecah. Kondisi tanah letak batu kursi pun sudah menganga,” ujar Setyo, Selasa (30/1/2018).

Dari hasil olah TKP, petugas menemukan bongkahan batu mirip kursi dan meja. Kemudian tanah yang berlobang bekas galian sedalam 2 meter di sekitaran situs sejarah batu kursi.

“Petugas juga menemukan 1 kursi batu yang masih utuh. Sementara itu, mulai dari bawah hingga ke atas bukit, petugas tidak menemukan bebatuan yang lain,” ujar Hari.

Saat ini di lokasi telah dipasang police line, petugas juga menyita bongkahan batu yang diduga pecahan situs sejarah batu kursi. Camat dan Lurah setempat dihimbau untuk membuat papan larangan agar tidak melakukan pengrusakan terhadap situs sejarah batu kursi.

“Kita juga mengimbau masyarakat tidak melakukan tindakan main hakim sendiri bila menemukan ada orang terduga pelaku aksi pengrusakan,” ujarnya. (Ant/R2)