Connect with us

Nasional

Kemkominfo Adakan Literasi Media Untuk 300 Aparat Penegak Hukum

Published

on

Direktorat Jenderal Aptika Kemkominfo memberikan workshop literasi digital, Sabtu (27/1/2018)

Jakarta-GeoSiar.com, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyelenggarakan workshop literasi digital, Sabtu (27/1/2018).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, membuka acara dengan menyatakan dukungan sepenuhnya Kementerian Kominfo kepada program-program literasi digital yang justru diinisiasi dari publik maupun dari kalangan APH seperti hari ini.

Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Kombes, Mardiaz Dwihananto juga menyampaikan hal senada terkait pentingnya untuk memahami dinamika dan problematika penggunaan media sosial bagi para penegak hukum.

Menurut Mardiaz, Aparat penegak hukum juga berperan memberikan edukasi bermedia sosial secara bijak kepda masyarakat termasuk kepada siswa-siswa sekolah.

Penyadaran dalam bijak bermedia sosial menjadi penting khususnya menjelang dan memasuki tahun politik di Indonesia saat ini.

Adapun peserta dari kegiatan ini berasal dari Aparat Penegak Hukum Kepolisian, Perwakilan kalangan TNI AD baik Perwira maupun Bintara, Kalangan Babinsa dan Babinsakamtibmas sewilayah Metro Jakarta Selatan yang berjumlah 300 orang.

Program ini merupakan kerja bersama antara Kementerian kominfo (melalui program inisasi #FIRAL – Festival Literasi Digital) dengan Polresta Metro Jakarta Selatan dengan pelibatan aktif gerakan nasional literasi digital #SiberKreasi yang didapatkan dari hasil keterangan tertulis pada Senin (29/1/2018).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melawan konten negatif di internet yang kian berkembang membuat sejumlah pihak gampang untuk terprovokasi. Untuk mencegah itu, Gerakan Nasional Literasi Digital wajib digalakkan melalui program Siber Berkreasi.

Gerakan ini merupakan bentuk kerja sama dari sejumlah pihak yang menaruh perhatian pada upaya melawan penyebaran konten negatif di internet. Adapun yang menjadi fokus gerakan ini adalah upaya literasi digital, terutama untuk generasi muda.

Kemkominfo maupun Kapolres Metro Jakarta Selatan berkomitmen akan melakukan upaya maksimal agar kerja sama dapat segera dilakukan oleh jajaran Kepolisian Metro di wilayah lainnya baik di Jakarta maupun di wilayah lainnya. (Lpt6/r1)