Connect with us

Nasional

Jokowi Kunjungi Negara Konflik, Pengamanan Ekstra dikerahkan

Published

on

Kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, beserta rombongan tiba di Afghanistan, pada Senin (29/1/2018)

Jakarta-GeoSiar.com, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan pengamanan ekstra telah diberikan oleh pemerintah Afghanistan kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo selama menjalankan kunjungan kerja di Afghanistan.

Hal tersebut diungkapkannya ketika ditemui di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, pada Senin (29/1/2018).

“Sejauh informasi yang saya terima dari Komandan Paspampres, dari pihak Afghanistan sendiri sudah sangat-sangat maksimal dengan mekanisme pengamanannya,” kata Pratikno
Jokowi, ucap Pratikno.

Meskipun negera tersebut dikenal dengan ancaman terornya, namun Presiden tetap melanjutkan agenda kunjugannya ke tempat tersebut didampingi olah Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Tak hanya itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono juga turut serta dalam kunjungannya kali ini.

“Pak Presiden bersikeras ingin ke sana ya,” ujarnya.

Setelah mengunjungi Afghanistan pada satu hari ini, Senin (29/1/2018), Presiden Jokowi berencana akan langsung melanjutkan kunjungan kerja ke Asia Selatan.

Sebelumnya, Jokowi lebih dulu mengunjungi Bangladesh.

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga menyempatkan untuk berkunjung ke Istana Presiden Arg selama berada di Afghanistan.

“Di Istana ini, Jokowi disambut Presiden Ashraf Ghani. Selanjutnya Jokowi akan mengikuti serangkaian kegiatan kenegaraan, yaitu pertemuan bilateral,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Jokowi juga diagendakan bertemu High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram Sarai dan mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden Arg.

Sore harinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengunjungi Istana Darul Aman, yang menjadi agenda penutup di Afghanistan.

“Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan akan kembali ke Tanah Air,” pungkas Bey.(Lpt6/r1)