Connect with us

Uncategorized

Akan Jadi PJ Gubernur Sumut, Ini Kata Irjen Pol Martuani Sormin

Published

on

Matuani Sormin saat masih menjabat Kapolda Papua Barat

Medan-Geosiar.com, Kepala Divisi Propam Polri Irjen Martuani Sormin diusulkan menjadi penjabat Gubernur Sumatera Utara selama pilkada berlangsung. Martuni mengaku kaget dan masih menunggu keputusan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Mendagri Tjahyo Kumolo.

“Namanya juga diusulkan, kan belum tentu juga, kita tunggu saja,” kata Martuani dilansir detikcom, Jumat (26/1/2018).

Martuani enggan berkomentar lebih lanjut soal pencalonan dirinya menjadi penjabat Gubernur Sumut itu. Martuani menjawab diplomatis ketika ditanya apakah dirinya akan bersikap netral jika akhirnya ditunjuk sebagai penjabat gubernur.

“Saya tidak mau berandai-andai, namanya juga diusulkan,” tambahnya.

Meski demikian, sebagai anggota Bhayangkara kepolisian RI, Martuni mengaku siap melaksanakan putusan atau perintah pimpinan Polri.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan diambilnya dua jenderal polisi sebagai penjabat gubernur adalah usulannya. Akan tetapi, keputusan berada di tangan Presiden Jokowi.

“Saya yang minta. Keputusan belum tahu, kan menunggu Keppres-nya,” kata Tjahjo kepada wartawan, Kamis (25/1/2018).

Selain Martuani, Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol M Iriawan juga diusulkan menjadi penjabat gubernur. Iriawan diusulkan memimpin sementara kepemerintahan di Jawa Barat.

Martuani dan Iriawan akan menggantikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan GubernurJawa Barat Ahmad Heryawan, yang masa jabatannya akan berakhir pada Februari 2018 dan Juni 2018.