Connect with us

Pilkada 2018

Sihar Kunjungi Pasaraya MMTC, Janjikan Penataan Pasar Tradisional

Published

on

bakal calon wakil gubernur Sumuut, Sihar Sitorus

Medan-Geosiar.com, Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus, mengunjungi Pasaraya MMTC di Jalan Pancing, Medan, Jumat (26/1/2018), pagi. Sihar disambut antusias para pedagang dan calom pembeli yang ada di pasar tersebut.

Para pedagang yang berjualan aneka barang seperti sayur dan buah meninggalkan dagangannya. Mereka meminta berfoto bersama dan bersalaman kepada cawagub pendamping Djarot Saiful Hidayat tersebut.

Sihar dan rombongan tiba di Pasaraya MMTC sekitar pukul 08.00 WIB. Mengenakan T-shirt dengan kerah berwarna putih. Dari pasar basah yang ditempati 1.000 pedagang dia berjalan menuju pasar kering yang cuma berisi 500 kios.

“Penataan pasar tradisional ini sudah bagus. Pedagang terlindungi dari hujan dan panas, mereka bisa meletakkan dagangannya dan berjualan dengan baik. Sirkulasi udaranya bagus,” kata Sihar menjawab medanbisnisdaily.com.

Menurut Sihar, usaha-usaha berskala kecil menengah (UMKM) semacam yang dijalankan para pedagang di Pasaraya MMTC perlu digalakkan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Untuk itu, penambahan jumlah pasar tradisional perlu dilakukan.

Pemegang gelar doktor bisnis dari School of Business di Manchester, Inggris, tersebut mengatakan, jika kedepan pasar tradisional hendak diperbanyak jumlahnya, harus dilakukan pemetaan terlebih dahulu. “Ke depan harus dilakukan pemetaan dulu jika pasar tradisional hendak diperbanyak jumlahnya,” kata Sihar.

Sementara Kordinator Persatuan Pedagang Pasaraya MMTC, Roma Simare-mare, menyatakan sangat terkejut atas kedatanangan Sihar yang tanpa pemberitahuan. Oleh sebab itu tidak ada sambutan apapun yang dilakukan pedagang. Spontan.

“Kami berharap saat kelak memimpin Sumut bersama Djarot Saiful Hidayat, pedagang tradisional dan petani diberdayakan,” kata Roma.

Setelah lebih sejam di Pasaraya MMTC, pukul 09.10 WIB kemudian meninggalkan area pasar menuju Bandara Kualanamu. Disebutkan dia hendak menjemput Menteri PMK Puan Maharani yang dijadwalkan tiba pagi ini. (Mbd/R2)