Connect with us

Dunia

Selesai Kunjungi India, Presiden Jokowi Bertolak ke Pakistan

Published

on

Presiden Joko Widodo bersama PM India

New Delhi-Geosiar.com, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo melanjutkan kunjungan kenegaraan ke wilayah Asia Selatan. Presiden Jokowi bersama rombongan meninggalkan India menuju Pakistan untuk melanjutkan kunjungan kenegaraan, Jumat (26/1/2018).

Presiden dan Ibu Negara menumpang pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang lepas landas dari Landasan Udara Palam di Delhi pukul 13.43 waktu setempat. Lama penerbangan dari Palam menuju Islamabad di Pakistan diperkirakan satu jam 20 menit.

Presiden Jokowi didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja, yakni, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Koodinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Dalam kunjungan kerjanya di India, Presiden antara lain menghadiri KTT Peringatan ASEAN-India 2018 dan peringatan Hari Republik India. Selain itu Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Dalam pertemuan dengan PM Modi, Presiden menyampaikan perlunya kerja sama maritim untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik. Presiden juga meminta pemerintah India mengkaji kebijakan penaikan tarif masuk minyak nabati.

Sedangkan saat bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam, Presiden berbicara tentang negosiasi tentang Zona Ekonomi Eksklusif untuk menghindari konflik di perairan dan menyampaikan kekhawatiran mengenai regulasi persyaratan non-tarif terhadap ekspor kendaraan bermotor. (Ant/R2)