Connect with us

Nasional

Menteri Perhubungan Himbau Maskapai Serap 600 Pilot Muda

Published

on

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Jakarta-GeoSiar.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau maskapai penerbangan untuk berkontribusi dalam menyerap para pilot pemula melalui situs resmi Kementerian Perhubungan di Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Budi mengungkapkan keresahannya terhadap lapangan pekerjaan yang sangat minim untuk dapat menampung 600 pilot pemula yang masih menganggur.

“Kita tidak boleh menutupi apa yang terjadi, di sini ada 600 pilot pemula tidak berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Tentunya ini suatu hal yang menyedihkan bagi saya sebagai Menteri, tetapi saya mengajak semua komponen untuk melakukan perbaikan,” tutur Budi.

Menurut Budi, faktor penyebab kurangnya penyerapan pilotn dipengaruhi oleh pertumbuhan jumlah penumpang yang tidak berbanding lurus dengan kebutuhan jumlah pesawat.

“Sekarang ini pertumbuhan penerbangan kita jumlahnya naik sekitar 7-9 persen setahun, tapi pertumbuhannya ada pada penumpangnya. Jumlah pilot sekarang sekitar 2 ribu sedangkan pertumbuhan pesawatnya hanya 5 persen,” jelasnya.

Menyikapi hal itu, Budi menyarankan kepada maskapai untuk menerima para pilot tersebut untuk dapat melaksanakan magang dalam kurun waktu enam bulan atau satu tahun.

Khusus untuk penghasilan yang diberikan untuk para pilot pemula tersebut dapat dibicarakan sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan masing-masing. Menurutnya, pemberian gaji bukan suatu permasalahan karena setidaknya memberikan kesempatan kepada mereka yang pemula untuk belajar dari kesempatan menjadi copilot.

“Ini dapat menjadi bagian dari proses rekrutmen yang baik, para maskapai penerbangan bisa memilih dari yang magang mana yang baik,” tutupnya.(cnn/r1)