Connect with us

Nasional

Kembangkan Desa Wisata Danau Toba, Pelindo 1 raih CSR Award

Published

on

Direktur Keuangan Pelindo 1 menerima penghargaan apresisasi CSR Award

Jakarta-Geosiar.com, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) raih penghargaan Apresiasi CSR Award 2017 kategori budaya. Penghargaan diraih berkat program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mereka dengan membangun Desa Wisata Tomok Parsaoran di Danau Toba, Sumut, secara berkelanjutan sejak 2016.

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyerahkan langsung penghargaan Apresiasi CSR Award yang diselenggarakan Sindo Media tersebut. Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi, menerima penghargaan tersebut demikian keterangan pers di Jakarta, Jumat (26/1/2018.

“Kami bangga dengan apresiasi ini. Sindo Apresiasi CSR Award ini merupakan kali ketiga bagi Pelindo 1 menerima penghargaan atas konsistensinya dalam mengembangkan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan dan masyarakat sekitar,” ujar Farid.

“Hal ini akan terus memacu kami untuk terus meningkatkan upaya pembinaan terhadap masyarakat di kawasan wisata Danau Toba. Pencapaian ini sekaligus sebagai bukti konsistensi kami sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang aktif mendorong pembangunan perekonomian desa, sesuai dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri,” sambung dia.

Pelindo 1 melakukan pembinaan terhadap kelompok masyarakat sadar wisata di kawasan Danau Toba, dengan memberikan pelatihan serta studi banding ke sejumlah obyek wisata di Yogyakarta guna memperoleh wawasan pengembangan potensi bisnis desa wisata.

Pemilihan desa Tomok Parsaoran dinilai langkah yang tepat mengingat potensi wisata yang besar di desa tersebut, seperti Raja Sidabutar, Museum Batak, dan pertunjukan patung Sigale-gale. Terlebih Danau Toba masuk dalam 10 destinasi pariwisata yang ditetapkan pemerintah sejak 2016.

Bantuan untuk pembangunan desa wisata yang dilakukan Pelindo 1 antara lain penataan lanskap area kursi batu dan penanda kawasan, penataan tribun penonton untuk pertunjukan Sigale-gale, pembangunan Sopo (Bangunan Khas Batak), pembanguan gazebo untuk perajin tenun, penataan lanskap area makam raja Sidabutar, penataan lanskap dan panggung acara Mangalahat Horbo serta pembangunan area parkir. (Ant/R2)