Connect with us

Pilkada 2018

Kampanye Pilgubsu, Bupati Simalungun JR Saragih Cuti 5 Bulan

Published

on

JR Saragih bersama Ance Selian saat mendaftar sebagai pasangan calon gubernur-wakil gubernur ke KPU Sumut

Medan-Geosiar.com, Calon Subernur Sumatera Utara, JR Saragih, akan menjalani masa cuti dari jabatannya saat ini sebagai Bupati Simalungun. Masa cuti JR Saragih akan dimulai tanggal 15 Februari hingga 24 Juni 2018 atau selama 5 bulan. Seperti diketahui, masa kampanye Pilgubsu dimulai 15 Februari.

Asisten Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Simalungun, Marolop Silalahi mengatakan, surat pengajuan cuti Bupati Simalungun sudah diajukan ke gubernur pekan lalu, namun sampai saat ini surat keputusannya belum terbit.

“Cuti Bupati Simalungun JR Saragih yang mengikuti Pilgubsu sudah diajukan ke Guberur Sumatera Utara, namun surat keputusannya belum keluar,” sebut Marolop, Kamis (25/1/2018).

Menurutnya, SK cuti Bupati JR Saragih kemungkinan akan terbit dalam pekan ini. Sementara pelaksana tugas Bupati Simalungun kemungkinan akan dijabat Wakil Bupati Simalungun saat ini, Amran Sinaga.

Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga mengatakan siap jika diamanahkan menjabat pelaksana tugas bupati. “Jika memang diamanahkan untuk menjalankan tugas sebagai pelaksana tugas bupati, saya siap,” ujarnya singkat melalui telepon sulser.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sumatera Utara divisi tekhnis, Benget Silitonga mengatakan, bupati dan wakil bupati yang maju dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara harus cuti kampanye tidak perlu mengundurkan diri dari jabatannya. Dan jika tidak terpilih dapat kembali menduduki jabatannya.

“Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9/2016 Pasal 4 ayat 1 huruf o, yang berbunyi bupati/wakil bupati, wali kota/wakil wali kota dan gubernur di Sumut yang akan maju sebagai Cagub/Cawagub tidak perlu mundur atau hanya cuti kampanye saja,” kata Benget. (Mbd/R2)