Connect with us

Sumut

Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang Tandatangani Kerjasama Lintas Daerah

Published

on

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang, di Hotel Grand Aston Medan, Rabu (24/1).

Medan-Geosiar.com, Pemerintah Kota (Pemko) Medan menandatangani nota kesepahaman dan perjajian kerja sama lintas daerah dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang, Rabu (24/1/2018) siang. Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menandatangani langsung kesepakatan tersebut.

Baik Pemko Medan maupun Pemkab Deli Serdang sepakat bekerjasama terkait penegasan batas-batas wilayah, peningkatan kerja sama penanggulangan masalah banjir dan sampah, penataan pedagang kaki lima, pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran, serta rehabilitasi drainase dan infrastruktur antara daerah perbatasan Kota Medan dengan Deliserdang.

“Untuk itu, kerja sama ini diharapkan Medan dan Deliserdang dapat menimba hal-hal yang bermanfaat di segala bidang untuk kesejahteraan masyarakat lewat pelayanan yang baik dan transparan kepada masyarakat,” kata Walikota Medan Dzulmi Eldin.

Kedua wilayah tersebut nantinya akan berupaya bersama-sama menciptakan keterpaduan dalam pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan serta memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang saling terkait untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan kerjasama tersebut, pemerintah kedua daerah akan bertukar pengalaman tentang peningkatan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, kerjasama itu juga bertujan untuk menumbuhkembangkan stabilitas, kemitraan dan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan kota, meningkatkan efisiensi melalui deregulasi dan debirokratisasi sekaligus penciptaan iklim investasi yang kondusif, termasuk meningkatkan kemampuan kompetitif dan komparatif daerah.

Penandatanganan nota kesepahamannantinya akan dilanjutkan dengan rencana aksi konkrit program dan kegiatan yang tertuang dalam RPMJD kedua daerah. “Sehingga nantinya akan ada kegiatan inovatif yang dilaksanakan secara bersama-sama antar organisi pemerintahan daerah (OPD) Kota Medan dan Deliserdang,” jelas Eldin.

Sementara Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, tujuan utama dari kerjasama tersebut yakni meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja pemerintah daerah, terutama pada level dinas-dinas terkait. “Agar tak ada lagi saling lempar tanggung jawab jika ada masalah di wilayah-wilayah perbatasan,” tegasnya.

“Para Pejabat Deli Serdang harus serius merealisasikan kerjasama ini, kita berkewajiban memajukan masyarakat kita, namun disamping itu kita juga harus mensejahterahkan masyarakat kota medan”, pesan Ashari. (Mdb/R2)