Connect with us

Nasional

Gempa Berdurasi 2 Menit Rusak 341 Rumah di Banten dan Sukabumi

Published

on

Kabupaten Lebak Banten dan Sukabumi Jawa Barat digoncang gempabumi, Selasa (23/1/2018) pukul 13.34 WIB

Banten-GeoSiar.com, Kabupaten Lebak Banten dan Sukabumi Jawa Barat digoncang gempabumi, Selasa (23/1/2018) pukul 13.34 WIB.

Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter tersebut mengakibatkan kerusakan ringan maupun berat.

Menurut data Kementerian Sosial, tercatat 341 rumah dan fasilitas umum (fasum) yang mengalami kerusakan akibat gempa yang berdurasi 2 menit.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat yang dihubungi dari Jakarta, Rabu (24/1/2018) merinci, wilayah yang terdampak di Kabupaten Lebak, Banten yaitu di Kecamatan Bayah, Kecamatan Wanasalam, Kecamatan Cilograng, Panggarangan, Lebak Gedong, Sobang, Cimarga, Sajira, Cihara dan Rinten dengan total kerusakan 311 unit rumah dan bangunan.

Selain itu, 13 unit rumah di Kelurahan Tari Kolot, Pakancilan dan Kuta, Bogor juga mengalami kerusakan, tiga unit rumah dan sekolah juga rusak di Desa Tanggeung, Desa Pageurmaneh Cianjur.

Sementara di Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Cirenghas Sukabumi ada sebanyak 13 unit rumah, masjid dan sekolah rusak.

Di wilayah Pandeglangsatu, yang mengalami kerusakan adalah gedung aula SMA CMBBS.

Setelah gempa, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Dinsos Provinsi Banten segera memberikan bantuan logistik ke beberapa titik di Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak, Banten.

Bantuan tersebut berjumlah Rp.50,5 juta yang disumbangkan dalam bentuk beras sebanyak 1.000 Kilogram, 100 lembar selimut, 120 lembar matras, 240 paket lauk pauk, dan 30 paket foodware.

“Bantuan logistik tersebut difokuskan kepada 92 kepala keluarga yang mengalami kerusakan rumah berat dan saat ini mengungsi di rumah tetangga maupun keluarga,” tutur Harry.(tirto/r1)