Connect with us

Nasional

Bertolak ke Sri Lanka, Presiden Jokowi Awali Kunjungan ke Asia Selatan

Published

on

Presiden Joko Widodo sebelum berangkat ke Vietnam bebarapa waktu lalu

Jakarta-Geosiar.com, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan melakukan lawatan ke sejumlah negara di kawasan Asia Selatan yang akan diawali dengan kunjungan ke Srilanka. Presiden dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2018) pagi.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja dan sejumlah petinggi negara, diantaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Rombongan menumpang Pesawat Kepresidenan RI-1 bertolak dari Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 09.15 WIB.

Sementara sejumlah pejabat negara tampak mengantar keberangkatan Presiden Jokowi dan rombongan antara lain Wakil Presiden M Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Mensesneg Pratikno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan dan kunjungan resmi ke lima negara di Asia Selatan yaitu Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan. Presiden juga akan menghadiri KTT ASEAN-India di New Delhi yang akan membahas tentang sektor kemaritiman dan isu-isu internasional dan kawasan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyetakan akan tetap melakukan kunjungan ke Afghanistan pada akhir Januari 2018 meskipun kondisi keamanan di negara itu memburuk.

“Ya rencana ke sana sudah ada,” kata Presiden Jokowi di Jakabaring Sport City Palembang beberapa waktu lalu.

Presiden mengatakan adanya keinginan untuk mengetahui kondisi di Kabul dan Afghanistan yang sesungguhnya. “Nanti jadi tahu kondisi sebenarnya di Kabul dan Afghanistan seperti apa,” kata Jokowi. (Ant/R2)