Connect with us

Pilkada 2018

Pemilih Potensial Pilkada Sumut Sampai 10 Juta Orang

Published

on

Komisi Pemilihan Umum

Medan-Geosiar.com, Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 mencapai lebih dari 10 juta jiwa. Demikian data Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara yang disampaikan Komisioner KPU Sumut, Yulhasmi, Senin (22/1/2018).

Yulhasmi mengatakan data tersebut berasal Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang kemudian diserahkan ke KPU RI dan diturunkan ke KPU Sumut setelah dianalisis.

“Total DP4 Provinsi Sumatera Utara di Pilgubsu 2018, 10.537.925 jiwa. Rinciannya laki-laki 5.234.104 jiwa dan perempuan 5.303.821 jiwa,” katanya.

Berdasarkan data tersebut, seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang ada di Sumut telah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap masyarakat. “Coklit sudah dimulai kemarin sejak 20 Januari 2018 sampai 18 Februari 2018,” jelasnya.

Lebih lanjut, jumlah PPDP yang melakukan coklit sebanyak 35.469 orang yang tersebar di 27.464 Tempat Pemungutan Suara atau tersebar 6.110 kelurahan/desa di seluruh Sumut.

Para PPDP yang bertugas ini akan mendata secara door to door dan petugas dilengkapi topi, ban lengan, serta tanda pengenal. Setelah dicoklit, PPDP akan menempel striker sebagai tanda pencoklitan di rumah tersebut.”Sehingga bagi masyarakat dapat memberikan informasi yang benar dan jelas, agar pemutakhiran data untuk Pilgubsu ini di dapat hasil yang valid,” tandasnya.

Untuk diketahui, di Sumut sendiri akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, diikuti 8 Kabupaten/Kota di Sumut, yakni Deliserdang, Langkat, Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Utara, Dairi dan Kota Padang Sidimpuan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.