Connect with us

Pilkada 2018

Jurnalis Diingatkan Agar Netral Dalam Pilgub Sumut

Published

on

Suasana temu ramah pasangan Edy-Musa dengan insan pers di Hotel Garuda Plaza Hotel, Medan, Selasa (23/1/2018).

Medan-Geosiar.com, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, Hermansyah, mengingatkan kalangan jurnalis di Sumut untuk mengedepankan independensi dan senantiasa memegang teguh kode etik wartawan dalam meliput pemilihan kepala daerah.

Hal ini disampaikan Hermansyah dalam temu ramah insan pers dengan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Hotel Garuda Plaza Hotel, Medan, Selasa (23/1/2018).

Selain PWI, datang pula beberapa organisasi wartawan seperti Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI), Asosiasi Jurnalistik Indonesia (AJI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Persatuan Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), dan Ikatan Wartawan Online (IWO).

“Kita tetap independent terbuka untuk ke sumua calon untuk memfasilitasi pertemuan insan pers untuk mengenal para calon ini,” jelasnya.

Dengan demikian, katanya, kalangan pers memiliki posisi yang netral dan mampu menampilkan pemberitaan yang berimbang, sekaligus mendidik masyarakat.

Hermansyah mengatakan, pihaknya juga menerima informasi jika pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus berencana untuk mengadakan pertemuan dan temu ramah dengan kalangan pers.

“Jadi, jangan disalahartikan bahwa PWI mendukung salah satu pasangan calon,” katanya.

Pihaknya mengadakan temu ramah dan memberikan kesempatan bagi pasangan cagub dan cawagub Sumut untuk menyampaikan berbagai ide yang dimiliki dengan harapan untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat.

“Kita tidak mau masyarakat seperti membeli kucing dalam karung. Kita ingin memberitahukan, inilah para calon,” kata Hermansyah.

Dalam acara temu ramah tersebut diadakan pula dialoh bersama kalangan pers yang dimaksudkan untuk terciptanya suasana dialogis dan membuka peluang bagi kalangan jurnalis untuk memberikan kritik yang membangun.

“Tidak zamannya lagi menjatuhkan. Mari membawa perubahan bagi Sumut,” katanya. (Ant/R2)