Connect with us

Nasional

Agung Podomoro Menangi Perizinan Superblok di Medan

Published

on

Pembangunan superblok Podomoro Land di Medan

Jakarta-Geosiar.com, Mahkamah Agung (MA) memenangkan Agung Podomoro Land soal izin mendirikan bangunan superblok Podomoro City di Medan, Sumatera Utara. Izin pembangunan apartemen dan pusat bisnis tersebut sebelumnya dicabut oleh majelis kasasi MA.

Proyek Podomoro City Deli Medan menjadi buah bibir sejak awal proses pembangunannya. Dibangun sejak 2013, namun izin baru diperoleh pada Maret 2015. Hal inilah yang membuat Yayasan Citra Keadilan menggugat PT Sinar Menara Deli, yang mengantongi izin pembangunan dari Wali Kota Medan tertanggal 24 Maret 2015. Dalam perjalanannya, Agung Podomoro mengakuisisi proyek tersebut.

Yayasan Citra Keadilan menggugat soal izin amdal karena dinilai tidak memenuhi syarat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kasus pun bergulir ke pengadilan.

Pada 28 Oktober 2015, Pengadilan Tata Usaha Negara Medan membatalkan izin tersebut. Tapi putusan itu berbalik arah di tingkat banding. Pada 3 Maret 2016, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan menyatakan gugatan Citra Keadilan tidak bisa diterima.

Perkara pun masuk kasasi. Pada 11 Agustus 2016, MA akhirnya menyatakan batal Keputusan Wali Kota Medan Nomor 645/299 K tentang IMB kawasan itu.

Atas hal itu, pengembang melakukan upaya hukum luar biasa, yaitu PK. Apa kata majelis PK?

“Membatalkan putusan MA Nomor 274 K/TUN/2016 tanggal 11 Agustus 2016. Mengadili kembali, menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya,” demikian lansir panitera MA sebagaimana dikutip dari website-nya, Selasa (23/1/2018).

Duduk sebagai ketua majelis adalah Syarifuddin. Selain sebagai hakim agung, ia sehari-hari merupakan Wakil Ketua MA. Adapun anggota majelis PK adalah hakim agung Yosyan dan Yulius. Menurut ketiganya, amdal sudah ada dan diberikan atas proyek itu sesuai peraturan yang berlaku. (dtk/R2)