Connect with us

Nasional

Ignasius Jonan Resmikan Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba

Published

on

Menteri ESDM, Ignasius Jonan

Parapat-Geosiar.com, Menteri Energi dan dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, meresmikan gedung Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (18/1/2018) sore.

Peresmian gedung ditandai dengan penandatangani prasasti oleh Jonan. Pada kesempatan tersebut juga ditandatangani pula naskah penyerahan Pusat Informasi yang disampaikan kepada Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga.

“Tolong agar dapat dioperasikan dengan baik. Kita bantu dan dukung Pemkab untuk mengisi dan mengoperasikan. Ini adalah salah satu geopark di atas gunung yang terbesar di dunia, bahkan di Eropa saya tidak lihat yang sebesar ini. Tantangannya adalah bagaimana membuatnya menjadi pusat tujuan wisata,” kata Ignasius Jonan dalam sambutannya.

Selain operasional dari pusat informasi ini, infrastruktur juga menjadi perhatian Pemerintah. “Nanti prasarana kereta api relnya diperbaiki dari Medan ke Siantar yang tadinya 3 jam kalau itu diperbaiki nanti itu bisa 1 jam,” lanjutnya.

“Tantangan paling penting, tidak ada yang bisa mengembangkan kecuali Bapak Ibu yang asli sini. Listrik, infrastruktur, dan penunjangnya akan ditingkatkan, tapi core-nya harus bagus. Kalau dikelola dengan kualitas sama pasti harganya nanti sama (dengan di Eropa),” ujar Jonan.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar menyampaikan, peresmian ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk mempercepat proses pengakuan Kaldera Danau Toba sebagai warisan geologi dunia dan masuk menjadi anggota UNESCO Global Geopark.

Hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Nurhajizah Marpaung dan 0Wakil Bupati Simalungun H Amran Sinaga.

Wakil Bupati Simalungun menyampaikan apresiasi atas kepedulian Pemerintah Pusat terhadap pengembangan kepariwisataan di kawasan Danau Toba. Harapan kedepan, terealisasinya percepatan pembangunan infrastruktur dalam mendukung pengembangan tersebut. (Ant/R2)