Connect with us

Sumut

Walikota Medan Ajak Perguruan Katolik KAM Ikut Perangi Narkoba

Published

on

Pengurus YPK Don Bosco bersama Walikota Medan

Medan-Geosiar.com, Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin menerima audensi panitia Porseni panitia Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Yayasan Perguruan Katolik (YPK) Don Bosco Keuskupan Agung Medan yang dipimpin Ketua I Yayasan Perguruan Katolik dan Bosco Keuskupan Agung Drs Hendrik H Sitompul di rumah dinas Walikota Medan, Kamis, (18/1/2018).

Dalam pertemuan tersebut, walikota mengajak YPK Don Bosco bersama-sama memerangi narkoba dan membicarakan secara masif ditengah masyarakat. Bukan sekedar membicarakan tapi harus melakukan tindakan nyata memutus mata rantai peredaran narkoba.

Eldin mengatakan, sebagai upaya memerangi narkoba harus secara masif dan terus menerus dibicarakan bukan hanya ditempat tertentu saja. “Sambil duduk duduk dimana saja biasakan bicara bahaya narkoba. Kalau masif kita bicarakan, lama lama pecandu bosan juga,” kata Eldin.

Eldin mengakui saat ini dampak narkoba sangat meresahkan di masyarakat. Sehingga perlu dikenakan sanksi sosial kepada kurir dan pengguna. “Sanksi harus keras dan harus diperangi. Sekarang ini mungkin yang komsumsi mereka. Tapi kan besok bisa kita. Maka kita tidak boleh diam, ” ujar Eldin.

Sementara Ketua Panitia Porseni YPK Don Bosco Keuskupan Agung Medan, Drs Cawir Tarigan menyampaikan mereka akan menggelar Porseni mulai Sabtu 27 Januari 2018 s/d 10 Maret 2018. Pembukaan Sabtu 27 Januari di mulai pukul 7.00 wib di lapangan Merdeka Medan. Kegiatan akan diikuti 90 sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA sederajat. Acara pembukaan akan dihadiri 10.000 orang terdiri siswa, guru dan para orang tua.

Saat pembukaan akan diawali senam dan jalan sehat sepanjang 5 km kemudian dilanjutkan pertandingan olahraga dan perlombaan seni antar siswa. Pada senam anti narkoba dilakukan bekerjasama dengan lembaga anti narkoba.

Sedangkan Ketua I YPK Don Bosco Keuskupan Agung Medan, Drs Hendrik H Sitompul berharap Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin bisa hadil dalam pembukaan Porseni nantinya. Terutama dapat memberikan bimbingan dan arahan serta dukungan motivasi kepada siswa. Apalagi acara Porseni akan diisi agenda penyuluhan anti narkoba kerjasama dengan BNN. Selain sosialisasi bahaya narkoba juga dan dimungkinkan tes dadakan kepada guru dan siswa soal narkoba.

Selain itu, Hendrik Sitompul berharap SKPD Pemko Medan seperti Dinas Perhubungan terkait lalu lintas, Dinas Kesehatan masalah tim medis dan ambulance, Dinas Pendidikan terkait keterlibatan siswa, Dinas Olahraga dan Dinas Kebersihan Pertamanan terkait toilet umum dapat membantu demi terselenggaranya acara dengan baik.

“Kami juga nantinya akan memberlakukan seluruh sekolah Katolik akan bebas narkoba. Pengawasan narkoba akan kami lakukan berkelanjutan reguler,” ujar Hendrik yang juga anggota DPRD Medan dari Fraksi Demokrat tersebut.

Audiensi tersebut dihadiri Kadis Perhuhungan Medan Drs Renward Parapat, Kadis Olahraga Medan Marahusen Lubis, Kadis Pendidikan Medan Drs Hasan Basri dan mewakili Dinas Kesehatan Medan Digo. Sedangkan panitia Porseni Ketua Umum Panitia Drs Cawir Tarigan dan sekretaris Drs Peri Nainggolan. (Stb/R2)