Connect with us

Nasional

Wakil ketua DPR Ingatkan Jangan Ada Menteri Rangkap Jabatan

Published

on

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan

Jakarta-Geosiar.com, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan ingatkan sebaiknya pimpinan atau pengurus partai politik tidak rangkap jabatan sebagai menteri kabinet. Seperti yang pernah dikatakan Presiden Joko Widodo di awal masa pemerintahannya dan menjadi komitmen bersama agar bisa fokus bekerja.

“Seingat rakyat, dulu ada pernyataan bahwa tidak boleh ada rangkap jabatan pengurus partai politik menjadi menteri di kabinet,” kata Taufik di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Taufik mengatakan kalau saat ini kondisinya berbeda yaitu pengurus parpol tersebut masih menjadi menteri, maka biarkan rakyat menilainya.

Wakil Ketua Umum DPP PAN tersebut mengingatkan, dalam memilih pembantunya, sebaiknya Presiden Joko Widodo mendengarkan pendapat publik dan meminta rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dulu untuk menjadi menteri saja harus dikualifikasi dengan mendapatkan rekomendasi KPK bahkan heboh sekali. Dukungan parpol pun diminta tanpa syarat namun sekarang saya tidak tahu,” ujarnya.

Dia mengingatkan kembali soal pernyataan Presiden Jokowi bahwa tidak ada rangkap jabatan di dalam kabinet kerjanya, agar dapat fokus bekerja dan maksimal menjalankan tugas kenegaraan.

Meski demikian, Taufik enggan menyalahkan Presiden terkait masih adanya pengurus parpol yang masih menjadi menteri di Kabinet Kerja.

Hal tersebut merupakan hak preogatif Presiden. Taufik yakin Presiden Jokowi memiliki pertimbangan sendiri mengapa hingga saat ini menteri kabinet belum melepas jabatannya meskipun telah menjadi pengurus ataupun pimpinan parpol. (Ant/R2)