Connect with us

Sumut

Wagubsu dan Djarum Foundation Bahas Penghijauan Kawasan Danau Toba

Published

on

Foto bersama Wagubsu Nurhajizah Marpaung bersama rombongan Djarum Foundation

Medan-Geosiar.com, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggandeng Djarum Foundation membicarakan penghijauan kawasan Danau Toba, dalam rapat bersama di ruang kerja Wakil Gubernur Sumatera utara, lantai 9 Kantor Gubernur Sumut, Selasa, 16 Januari 2018.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Pemprovsu diwakili Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung didampingi Kadis Kehutanan Provsu Ir Halen Purba dan Kadis Lingkungan Hidup Provsu Dr Hidayati. Sedangkan rombongan Djarum Foundation yang hadir dipimpin Vice President Djarum Foundation, FX Supanji bersama beberapa pengurus lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagubsu mengajak seluruh masyarakat khususnya kepada PT Djarum untuk bersama-sama menghijaukan 7 kabupaten/kota se-kawasan Danau Toba. Karena menurut Wagubsu bahwa telah banyak hutan-hutan khususnya di sekitar Danau Toba yang gundul.

“Diharapkan PT Djarum bisa ikut sama-sama menanam pohon di geoarea Kaldera Toba,” kata Wagubsu.

Menurutnya, pemerintah sedang membangun kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Utara. Bahkan Danau Toba juga sudah dijadikan ikon pariwisata nasional setelah Bali.

Selain itu, Pemprovsu juga sedang memenuhi seluruh rekomendasi UNESCO agar Gepark Kaldera Toba dapat masuk menjadi GGN UNESCO. “Penghijauan hutan merupakan salah satunya,” ujar Wagubsu.

Sementara Kadis Kehutanan Provsu Ir Halen mengatakan, bila memungkinkan khususnya kepada Djarum Foundation untuk tahap awal ditanam di sekitar Bandara Silangit. “Mulai dari hutaginjang, Sipinsur hingga ke Humbang Hasundutan sangat memungkinkan untuk ditanami pohon,” ujar Halen.

Vice President Djarum Foundation FX Supanji pada kesempatan itu menyambut positif ajakan Wagubsu. Karena lanjutnya dari tahun-tahun global warming semakin jelek. Dan ini tentunya tidak bisa terus dibiarkan.

“Kita sangat menyambut baik ajakan dari ibu Wagubsu, karena ini bukan untuk kehidupan manusia di bumi ini. Kita harus konsen dengan membangun penghijauan bagi hutan-hutan kita. Seluruh masyarakat harus diajak ikut serta,” katanya.

“Djarum Foundation sendiri nantinya akan mengadakan survei ke daerah-daerah sekitar Danau Toba untuk nantinya bisa ikut membangun penghijauan. Lebih jauh bila memungkinkan kita akan ikut menghijaukan sekitar jalan tol trans Sumatera yakni Kualanamu-Tebing Tinggi,” sebutnya.(JA/R2)