Connect with us

Nasional

Bawaslu Panggil La Nyala Terkait Mahar Politik ke Gerindra

Published

on

Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, La Nyala Mattalitti

Jakarta-Geosiar.com, Mantan Ketua PSSI La Nyalla Mattalitti hari ini dipanggil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur untuk meminta penjelasan terkait pernyataannya bahwa dirinya diminta partai Gerindra agar menyiapkan miliaran uang untuk mengikuti dalam proses pencalonan peserta pemilihan kepala daerah.

“Hari ini kami memanggil Pak La Nyalla untuk klarifikasi,” kata komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (15/1/2018).

Pemanggilan La Nyalla, yang menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, tertuang dalam surat bernomor: 011/K.JI/PM.01.01/1/2018 tertanggal 12 Januari 2018 yang ditandatangani Ketua Bawaslu Jawa Timur Moh. Amin.

Setelah proses klarifikasi Bawaslu Jawa Timur selesai, Bawaslu RI akan mengambil sikap dan tindakan termasuk untuk memutuskan apakah perlu memanggil dan memintai keterangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

La Nyala, yang merupakan kader Gerindra sebelumnya diminta uang sebanyak Rp 40 miliar oleh Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, untuk membiayai keperluan pencalonan sebagai peserta pemilihan kepala daerah.

Pemberian uang tersebut, menurut La Nyala, merupakan salah satu syarat agar mendapat rekomendasi Gerindra untuk mengikuti pemilihan kepala daerah di Jawa Timur.

Menurut La Nyala, jika dia tidak menyerahkan uang yang diminta sebelum 20 Desember 2017 maka dia tidak akan mendapat rekomendasi Gerindra untuk mengikuti Pilkada Jatim 2018. (Ant/R2)