Connect with us

Nasional

Gempa Bumi Guncang Kupang dan Sabu Raijua

Published

on

Gempa bumi kembali mengguncang dua kabupaten sekaligus di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (13/1/2018) pagi.

Kupang-GeoSiar.com, Gempa bumi kembali mengguncang dua kabupaten sekaligus di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (13/1/2018) pagi.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Hasanudin mengatakan, dua kabupaten yang diguncang gempa bumi yaitu Kabupaten Kupang dan Sabu Raijua.

Gempa bumi pertama yang berpusat di Laut Sawu mengguncang Kabupaten Kupang dengan kekuatan magnitudo 5 skala Richter pada pukul 05.49 Wita.

“Pusat gempa di laut pada jarak 52 kilometer arah barat Naekean, Kabupaten Kupang, pada kedalaman 68 kilometer,” tutur Hasanudin.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, menurut Hasanudin, episenter gempa terletak pada koordinat 10,13 derajat Lintang Selatan dan 122,88 derajat Bujur Timur.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, lanjutnya, menunjukkan guncangan berpotensi dirasakan di Kupang, Naekean, Rote, Akle, Hansisi, Tenau, dan Baun pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

Sementara itu, gempa bumi kedua bersumber dari wilayah Sabu Raijua dengan kekuatan magnitudo 3,1 SR pada pukul 11.34 Wita.

Pusat gempa bumi sekitar 105 kilometer Barat Laut Sabu Raijua atau berada di 9.69 derajat Lintang Selatan dan 121.44 derajat Bujur Timur, dengan kedalaman 21 kilometer.

Hingga saat ini, warga yang berada di wilayah NTT sedang was-was dan berhati-hati untuk mengantisipasi akan ada gempa susulan selanjutnya. (Kps/r1)