Connect with us

Pilkada 2018

Tes Kejiwan, Gus Ipul Tanpa Persiapan, Emil Dardak Kelelahan

Published

on

Saifullah Yusuf dan Puti Guruh Soekarno, Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur

Surabaya-Geosiar.com, Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jawa Timur 2018, menjalani tes tes psikiatri atau kejiwaan di RSU dr Soetomo Surabaya, Kamis (11/1/2018). Saifullah Yusuf ( Gus Ipul) dan Emil Elistyanto Dardak mengaku lelah karena kurang istirahat.

Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) keluar dari ruang tes sekitar pukul 13.00 WIB. Kepada wartawan, dia mengaku tidak ada persiapan khusus untuk tes kejiwaan. “Semalam begadang, tidak ada persiapan khusus,” kata Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul, tes kejiwaan yang dijalani hari ini sama seperti tes-tes sebelumnya yang pernah dijalaninya saat maju menjadi cawagub Jatim. “Hanya saja tes tadi lebih rinci,” jelasnya.

Sedangkan Cawagub Jatim Emil Elistyanto Dardak mengatakan sangat lelah saat menjalani tes kejiwaan. Bupati Trenggalek itu mengaku mendadak mendapat kabar tes kejiwaan hari ini. “Saya baru sampai Trenggalek, akhirnya harus balik lagi ke Surabaya untuk ikut tes,” ucapnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan kepada cagub-cawagub Jatim dilakukan selama dua hari. Menurut Direktur RSU dr Soetomo, Harsono mengatakan untuk hari pertama mereka menjalani tes psikiatri, kemudian pada hari kedua menjalani tes kesehatan.

“Waktunya empat jam, untuk tes psikiater, yaitu wawancara dan tes tulis. Untuk tes kesehatan dilakukan besok, meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan narkoba melibatkan BNN. Waktunya bisa satu hari,” kata Harsono.

Pada Pilkada Jawa Timur 2018 diikuti dua pasangan calon, yakni Saifullah Yusuf-Puti Guruh Soekarnoputra yang diusung PKB, PDIP, Gerindra dan PKS. Sedangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak diusung Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Nasdem, dan Hanura.