Connect with us

Sumut

Pasar Medan Deli Tertimbun Sampah, Petugas Kecamatan Tak Kunjung Turun

Published

on

Kondisi sampah yang merajalela di daerah pasar Medan Deli.

Medan-GeoSiar.com, Kepala Pasar Medan Deli, Sinaga mengeluhkan kondisi sampah yang merajalela di daerah pasar Medan Deli.

Bagaimana tidak, menurut pengakuan Sinaga, peraturan daerah yang melimpahkan wewenang kebersihan pada kecamatan justru semakin memperburuk keadaan sampah di lapangan.

Menurut Sinaga, ketika pihak yang mengurus masalah sampah adalah pihak Dinas Kebersiahan, masalah sampah masih bisa diatasi dan kondisi lingkungan disekitar pasar masih terjaga kebersihannya. Namun semenjak dialihkan kepada kecamatan, masalah sampah kian menumpuk dan mengganggu aktivitas jual beli.

“Saya juga diserang warga. Ini belum koordinasi dengan baik dari pihak kecamatan. Sampah sudah menumpuk. Tapi pihak kecamatan tidak peduli. Dulu saat di Dinas Kebersihan yang pegang, tidak ada seperti ini,” tuturnya pada Selasa (9/1/2018).

Sinaga pun menyatakan, pihaknya sudah mencoba untuk mengangsur sampah yang menumpuk. Namun, karena kekurangan armada, kondisi sampah yang menumpuk tak dapat diangkut seluruhnya.

“Kami sudah angsur juga pengangkatannya. Sudah empat kali kami angkat juga. Mobil kita juga terbatas. Cuma satu mobil. Kami yang angkut sampai ke TPA Melati. Itu pun kami harus bayar ke TPA sana Rp 40 ribu,”katanya.

Sinaga juga menuturkan bahwa pihaknya sudah mengonfirmasi Kecamatan Medan Barat.

Dalam menanggapi aduan tersebut, pihak kecamatan berjanji akan mengatasinya. Namun, hingga saat ini menurut Sinaga pihak kecamatan tak jua turun tangan dalam mengatasi permasalahan ini.

“Sudah kami datangi. Ada kesepakatan. Saya tidak ada makan uang kebersihan di sini. Saya serahkan ke PD pasar. Itu pun di sepanjang jalan ini saja. Sementara sampah di sini semua pajak ini, mereka (kecamatan) itu yang mengutip, bukan saya,”pungkasnya. (trb/r1)