Connect with us

Nasional

Majelis Hakim Upayakan Mediasi pada Ahok dan Vero

Published

on

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thjaja Purnama alias Ahok dan Veronica Tan

Jakarta-GeoSiar.com, Surat gugatan cerai yang dilayangkan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thjaja Purnama alias Ahok masih diproses oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Pasalnya hingga saat ini hakim masih menunggu kelengkapan berkas untuk menentukan tanggal sidang cerai pertama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan istrinya Veronica Tan.

Apabila berkas itu sudah diserahkan, maka tanggal sidang bisa segera ditetapkan.

“Tunggu majelis hakim terima berkas. Kalau majelis hakim itu (terima berkas), hari ini mereka tetapkan kapan persidangannya sesuai dengan daerah wilayah hukumnya dimana penggugat atau tergugat bertempat tinggal,” kata pejabat Humas PN Jakut, Jootje Sampaleng kepada detikcom, di kantornya Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Jootje menjelaskan, penentuan tanggal persidangan bisa dilakukan jika sudah ada penetapan dan ada juru sita. Jika hal itu sudah terpenuhi, tanggal sidang bisa diketahui secepatnya.

“Penetapannya sudah lihat di SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) begitu tinggal berkasnya sampai ke majelisnya. Karena penentuannya kan harus ada setelah ditetapkan, kemudian ada juru sitanya ditetapkan, langsung aja ditetapkan (tanggal sidang),” ujarnya.

Menurut Jootje, Majelis hakim akan mengupayakan mediasi dan persidangan akan dilakukan secara tertutup.

“Iya memang (sidang) tertutup karena hal menyangkut pribadi. Namun pada saat majelis menetapkan persidangan itu setelah persidangan pertama harus ditempuh dulu upaya mediasi dan mediator,” pungkasnya. (dtk/r1)