Connect with us

Pilkada 2018

Pasangan Djarot-Sihar Resmi Diusung PDIP Untuk Pilgubsu

Published

on

Megawati meresmikan pasangan Djarot-Sihar Sitorus untuk maju dalam Pilkada Sumut 2018

Jakarta-Geosiar.com, DPP PDI Perjuangan resmi mengusung Dajrot Saiful Hidayat dan Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023. Pasangan Djarot-Sihar resmi diumumkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Puteri di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2018).

Megawati mengatakan telah mempertimbangkan dan mendengar semua masukan dari jajarannya untuk memilih Sihar Sitorus untuk berpasangan dengan Djarot. “Ini anak namanya Sihar Sitorus. Anaknya DL Sitorus. Mantan Ketua Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya (PSMS),” jelas Megawati.

Djarot merupakan mantan Walikota Blitar dua periode (2000-2010). Terakhir kali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sihar (49), merupakan doktor bisnis jebolan Manchester Business School di Manchester, United Kingdom, tahun 2005. Saat ini menjabat sebagai staf Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Menurut Megawati, pasangan Djarot-Sihar layak untuk memimpin Sumatera Utara. Memilih Sihar menurut Mega sempat dipenuhi perdebatan, terutama masalah marga yang ada di Sumatera Utara, khususnya marga dari Suku Batak.

“Kan susah ya, namanya di Sumut itu marga itu banyak sekali, nanti mereka berkelahi. Kalau saya tanya mereka berkelahi itu (marganya) sama enggak sih? Kayaknya sama bu. Satu marga kok ribut ya. Anak ini saya ambil, tapi ada juga yang bilang jangan ini, jangan itu bu. Semua meminta. Saya pikir kapan mau jadinya,” ucapnya.

Megawati berpesan agar Ketua DPD PDIP Sumut Japorman Saragih bekerja keras memenangkan Djarot – Sihar sebagai pasangan Calon Gubsu. Meski pasangan Djarot-Sihar telah resmi diumumkan, belum disebut partai koalisi PDIP untuk mengusung pasangan tersebut.

PDIP tercatat sebagai pemilik 16 kursi di DPRD Sumatera Utara, dan harus berkoalisi dengan partai lain agar memenuhi syarat 20 kursi DPRD Sumut. Kabar yang berkembang PDIP akan berkoalisi dengan partai Hanura untuk mengusung Djarot-Sihar.

Hanura saat ini memiliki 10 kursi di DPRD Sumut. Bila kedua partai sepakat berkoalisi, pasangan tersebut akan memiliki kursi sebannyak 26 yang otomatis memenuhu syarat untuk mengusung pasangan cagub-cawagub Sumatera Utara. (Oke/R2)