Connect with us

Sumut

Stabilkan Harga, Bulog Sumut Akan Gelontorkan 40 Ton Beras

Published

on

Bulog

Medan-Geosiar.com, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Utara akan menggelontorkan beras medium 30.000 hingga 40.000 ton untuk kembali menstabilkan harga di pasar pada kisaran Rp9.500 per kg dari saat ini mencapai Rp10.000 hingga Rp11.000 per kg.

Hal ini diungkap Kepala Bulog Divre Sumut Benhur Ngkaimi di sela peninjauan masuk beras dan memantau stok beras di salah satu gudang Bulog di Jalan Jemadi Medan, Jumat (5/1/2018).

“Bulog menargetkan dalam Januari ini juga harga beras di pasar kembali stabil pada kisaran Rp9.500 per kg, sehingga bahan pokok ini tidak lagi menjadi sumber inflasi seperti Desember 2017,” ujar Benhur.

Benhur mengatakan agar lebih efektif menurunkan harga, penggelontoran beras medium itu bukan hanya dilakukan dengan cara operasi pasar (OP) di berbagai titik, tetapi juga melibatkan hampir seluruh distributor beras di Sumut. Selain itu, pihaknya juga telah melepas beras medium sebanyak 5.000 ton.

“Sudah ada 10 distributor menjadi pemasok beras ratusan kios di Sumut yang sudah menyatakan kesiapan untuk menjual beras yang digelontorkan Bulog,” ujar Benhur.

Upaya agar harga jual di pasar bisa Rp9.500 per kg atau di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp9.950 per kg, maka Bulog melepas beras seharga Rp8.000 ke distributor.

“Jadi tidak ada alasan bagi pedagang bahwa harga beli mahal, sehingga harga jual dinaikkan. Bulog berharap harga beras sudah stabil lagi segera mungkin,” ujarnya. (Ant/R2)