Connect with us

Sumut

Polisi Imbau Warga Medan Jangan Main Petasan Jelang Tahun Baru

Published

on

Malam Pergantian Tahun di Medan (Ilustrasi)

Medan-Geosiar.com, Polisi himbau warga Kota Medan jangan bermain petasan jelang pergantian tahun baru untuk menciptakan ketentraman menjelang pergantian tahun 2017. kebijakan ini merupakan langkah pencegahan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang tahun baru 2018.

“‎Kita memberikan imbauan kepada masyarakat, juru parkir, dan pedagang agar lebih baik tidak bermain petasan, karena dapat mengganggu umat beragama yang sedang melakukan ibadah,” kata Kapolsek Medan Baru Kompol Victor Ziliwu, Kamis (28/12/2017).

Victor mengatakan, menyalakan petasan dapat membahayakan diri dan orang lain, dapat menimbulkan terjadinya kebakaran. “Juga suaranya mengganggu orang yang sedang beristirahat,” ungkap Victor.

Sedangkan untuk para pedagang kembang api, Victor menghimbau mereka tidak berjualan/menjajakan dagangannya di trotoar/badan jalan karena akan mengganggu kelancaran arus lalulintas serta melanggar Perwal No.9 Tahun 2002 yaitu Larangan mendirikan bangunan diatas seluruh drainase, bahu jalan, trotoar, tanggul sungai dan garis sepadan, serta larangan menutup drainase secara terus menerus.‎

Selain itu Victor juga mengatakan pihaknya akan mendatangi juru parkir di seputaran Jalan KH Zainul Arifin agar mengatur parkir kendaraan roda 4 tidak parkir berlapis.

“Dan juga mengawasi/menjaga kendaraan sebagai antisipasi curanmor/tindak pidana lain serta parkir kendaraan hanya menggunakan bahu jalan sebelah kiri saja juga diimbau turut membantu kelancaran lalin bila terjadi kemacetan,” tandasnya.

Seperti diketahui berdasarkan malam pergantian tahun sebelumnya, kawasan sekitar Jalan KH Zainul Arifin merupakan lokasi yang kerap dijadikan spot menyalakan kembang api. Ratusan warga diprediksi akan menyaksikan kembang api di lokasi tersebut. (JA/R2)