Connect with us

Sumut

Pesan Pastor Redemptus Dalam Misa Penutupan Perlombaan Mazmur Kota Medan

Published

on

Pastor Redemptus saat memimpin misa penutupan Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Medan 2017

Medan-Geosiar.com. Pastor Redemptus Simamora OFM Cap memimpin Misa Penutupan Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Medan 2017, di Gedung Catholic Centre, Medan, Kamis (28/12/2017). Dalam kotbah misa tersebut, Pastor Redemptus menekankan pentingnya bermazmur dalam liturgi perayaan ibadah Katolik.

“Mazmur tanggapan memiliki kedudukan yang penting dalam liturgi karena memiliki suatu ritus yang berdiri sendiri. Mazmur tanggapan dinyatakan bukan untuk mengiring ritus lain” ujar Pastor Redemptus.

Dalam kotbahnya, Pastor Redemptus juga menjelaskan tujuan mazmur dalam liturgi Katolik. Menurutnya, mazmur tanggapan bertujuan menanggapi sabda Tuhan, selain itu membantu umat dalam merenungkan sabda Tuhan yang didengar.

Pastor Redemptus juga menjelaskan tiga fungsi pemazmur dalam liturgi Katolik, yakni, mewakili umat dalam menanggapi sabda Tuhan. Kedua, memimpin umat dalam proses merenungkan sabda Tuhan, sedangkan ketiga yaitu mewartakan sabda Tuhan kepada umat.

Pastor Redemptus juga mengajak umat yang hadir untuk senantiasa memuji tuhan dengan bermazmur. “Selamat bermazmur untuk hidup kita,” tegas Pastor Redemptus.

Selain itu Pastor Redemptus juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Medan atas dukungan dalam menyemarakkan perayaan natal 2017, terutama atas dukungan penyelenggaraan Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Medan 2017. Menurut Pastor Redemptus, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Pemko Medan terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan di Kota Medan.

Sebelumnya, Kadis Kebudayaan Kota Medan, Suherman, saat membuka Acara Perlombaan Pemazmur tersebut, Rabu (27/12), menegaskan Pemko Medan berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan di Kota Medan. Termasuk mendukung menyemarakkan perayaan natal di Kota Medan.

Menurutnya, dukungan itu dapat dilihat dari penyelenggarakan natal oikumene se-Kota Medan pada 6 Desember 2017, kemudian menyelenggarakan Christmas Season pada 17-21 Desember 2017, dan terakhir menyelenggarakan Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Medan 2017.

“Penyelenggaraan acara-acara tersebut merupakan dukungan Pemko Medan terhadap acara keagamaan. Pemko Medan berkomitmen untuk tetap mendukung penyelenggaraan acara keagamaan di tahun-tahun selanjutnya,” ujar Suherman. (Cw2)