Connect with us

Sumut

Pemko Medan : Lomba Mazmur Katolik Cerminan Pemerintahan yang Toleran dan Terbuka menjaga Keharmonisan

Published

on

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan Suherman dalam memberikan kata sambutan di Gedung Chatolic Center pada Rabu (27/12/2017)

Medan-GeoSiar.com, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan Suherman SH, membuka secara resmi Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Medan 2017 di Gedung Catholic Centre, Jalan Mataram No 21, Medan pada Rabu (27/12/2017).

Acara perlombaan mazmur ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan komitmen pemerintah Kota (Pemko) Medan terhadap kegiatan keagamaan di Kota Medan khususnya bagi umat Kristiani Katolik dalam merayakan natal.

“Saya mewakili Bapak Walikota yang sebenarnya berkeinginan hadir dalam acara ini, namun beliau berhalangan hadir karena ada agenda di tempat lain. Bapak Walikota juga menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua dan menyampaikan ucapan selamat merayakan natal untuk seluruh umat Katolik di Kota Medan khususnya yang berkenan hadir dalam acara ini,” ujar Suherman membuka kata sambutannya.

Pemko Medan, menurut Suherman telah menggandeng tokoh-tokoh agama dan ormas-ormas keagamaan dalam mewujudkan perayaan natal yang merupakan hari besar seluruh umat kristiani.

“Pemko Medan sangat mendukung perayaan besar keagamaan di Kota Medan tanpa memandang bulu. Dalam rangka menyambut natal, Pemko Medan sudah menyusun berbagai rangkaian acara yakni penyelenggaraan kegiatan natal oikumene Medan pada 6 Desember 2017 yang lalu, Christmas Season selama lima hari pada 17-21 Desember 2017 dan hari ini penyelenggaraan lomba Mazmur pada 27-28 Desember 2017,” lanjut Suherman.

Terselenggaranya kegiatan ini oleh Pemko Medan merupakan cerminan pemerintahan yang toleran dan terbuka dalam rangka menjaga keharmonisan masyarakat Kota Medan yang majemuk dan hidup berdampingan.

“Penyelenggaraan acara-acara tersebut merupakan dukungan Pemko Medan terhadap acara keagamaan. Pemko Medan berkomitmen untuk tetap mendukung penyelenggaraan acara keagamaan di tahun-tahun selanjutnya,” tegas Suherman.

Acara perlombaan Mazmur ini sebelumnya telah diawali dengan misa pembukaan yang dipimpin langsung oleh Pastor Harold Harianja, OFM Cap dan Pastor John Rufinus Saragih, OFM Cap.

Dalam kotbahnya, Pastor Harold mengajak umat Katolik mensyukuri berkat Tuhan atas terselenggaranya acara Perlombaan Mazmur Kota Medan 2017.

“Tujuan dari perlombaan pemazmur ini adalah untuk kemuliaan Tuhan bukan sekedar seremonial perlombaan belaka,” tegasnya.

Senada dengan itu, Pastor John juga menekankan bahwa acara ini tetap harus dibalut dengan suasana keagamaan yang menekankan adanya perayaan ekaristi.

“Perlomban pemazmur agama Katolik dibuka dengan Misa Ekaristi, dan akan ditutup dengan Misa Ekaristi pula,” tuturnya.

Usai peryaan ekaristi, Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Medan 2017 segera dimulai dengan beberapa kategori lomba yakni kategori pemazmur dewasa, pemazmur remaja, pemazmur orangtua pada Rabu (27/12) dan vokal solo anak pada Kamis (28/12).

Pengumuman pemenang lomba, akan segera diumumkan pada puncak acara Kamis (28/12).

Demi memeriahkan acara perlombaan ini, panitia turut mengundang beberapa artis kota Medan dan juga salah satu artis Nasional yakni Maria Calista sebagai bintang tamu pada acara puncak.

Selain perlombaan Mazmur, panitia berkomitmen untuk menyelengggarakan misa perayaan natal sekaligus pemberian bingkisan natal bagi anak-anak penyandang cacat sebagai wujud nyata berbagi kasih di hari natal. (Cw1)