Connect with us

Sumut

Panti Asuhan Betlehem, Lokasi Bansos ISKA Sumut 2017

Published

on

Lokasi Panti Asuhan Betlehem Bandar Baru, tempat lokasi bansos DPD ISKA Sumut

Medan-Geosiar.com, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Sumatera Utara melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Betlehem, Bandar Baru, Sabtu (23/12/2017). Pastor Sebastianus Ginting selaku pimpinan panti asuhan tersebut, menyambut langsung kehadiran DPD ISKA Sumut yang dipimpin Drs. Hendrik Sitompul.

Pastor Sebastianus mengucap syukur dan terimakasih atas kedatangan pengurus DPD ISKA Sumut. Dalam Sambutannya, Pastor Sebastianus mengatakan kedatangan ISKA Sumut merupakan bentuk kedatangan Yesus Kristus ke dunia untuk menyebarkan kasih bagi sesama manusia. Berikut profil Panti Asuhan Betlehem yang dihimpun Geosiar.com.

Panti Asuhan Betlehem Bandarbaru merupakan salah satu panti asuhan dibawah Kesukupan Agung Medan (KAM). Panti asuhan tersebut berada dibawah asuhan Imam Kongregasi Ordo Fransiskan Conventual (OFM Conv). Saat ini, Pastor Sebastianus Ginting OFM Conv bertindak sebagai pastor pembina panti asuhan tersebut.

Panti Asuhan Betlehem terletak di samping Paroki Gereja Katolik Sang Penebus, Bandar Baru, Sumatera Utara, Jl. Letjend. Djamin ginting Km. 47 Bandar Baru 20357, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sejarah Panti Asuhan Betlehem

Panti Asuhan ini berdiri pada tahun 1971 oleh Pastor Ferdinando Severi OFM Conv., seorang misionaris asal Italia. Memulai karya untuk mendirikan panti asuhan di desa Bandar Baru – Sibolangit bagi anak yatim dan fakir miskin, serta anak-anak yang orangtuanya menderita penyakit kusta, yang saat itu terisolir dari masyarakat.

Dengan bantuan sahabat-sahabat rohani, Pastor Ferdinando mendirikan panti asuhan yang diberi nama Panti Asuhan “BETLEHEM” tepatnya pada tanggal 31 Januari 1971. Kata Betlehem berasal dari dua kata, yakni : Bait (rumah), dan lehem (Roti). Maka Betlehem dapat diartikan sebagai “rumah roti”.

Pastor Corrado Cassedai OFM Conv merupakan pastor asal Italia terakhir yang menjadi pelanjut karya di Panti Asuhan tersebut.

Seiring dengan perkembangan Fransiskan di Indonesia, maka karya pengasuhan panti asuhan tersebut ditangani oleh para Fransiskan dari Indonesia, yang salah satunya ialah Pastor Siswido Swy, OFM Conv. Hingga saat ini, tercatat sudah lebih 700 anak pernah diasuh di panti asuhan ini.

Adapun motto Panti Asuhan Betlehem yakni merupakan wadah dimana manusia diajak menjadi “saudara bagi semua” (be brother for all). Panti asuhan Betlehem ingin berjuang bersama anak-anak yang tersisih agar dapat melanjutkan kehidupannya, dengan mencoba untuk menghadirkan/ mengisi sisi kehidupan yang hilang, agar kelak nantinya mereka tidak menjadi orang yang senantiasa tertinggal dan terbelakang, melainkan jadi orang yang berkembang dalam iman, pengetahuan dan kehidupan.

Kegiatan sehari-hari Panti Asuhan Betlehem

Setiap anak yang didik di panti asuhan Betlehem diajak untuk terlibat dalam Hidup Doa, Hidup Studi, dan Hidup Kerja. Hidup Doa yakni senantiasa bersyukur kepada Tuhan sebagai sumber hidup yang dapat diwujudkan dengan doa, (dimulai dengan Doa pagi pukul 06.00 Wib, rosario pukul 18.00 Wib, dan ibadat malam.

Hidup Studi, yakni belajar menjadi suatu kewajiban sebagai modal dasar untuk masa depan. Hidup studi sevcara teratur dalam ritme kehidupan bersama menjadi unsur penting dalam membentuk manusia mandiri.

Sedangkan Hidup Kerja yaitu mampu bekerja berguna melatih diri untuk dapat hidup mandiri di kemudian hari. Berbagai bentuk kerja dimulai dari kebersihan rumah, urus ternak (ayam, babi, domba, ikan), dan ladang.

Setiap anak-anak dalam panti asuhan Betlehem juga disediakan tempat olahraga dan rekreasi untuk menumbuhkan kebersamaan agar menjadikan semua merasa satu keluarga dalam olahraga maupun rekreasi teratur.

Donasi untuk Panti Asuhan Betlehem

Panti asuhan Betlehem menerima jalinan kasih dari donatur-donatur yang berkenan untuk anak-anak yang diasuh di lingkungan panti asuhan Betlehem. Bantuan dapat berupa kebutuhan harian, kebutuhan rohani, kebutuhan sekolah, operasional panti, dan kebutuhan kesehatan.

Selain itu donatur juga dapat memberikan bantuan dana dengan mengirim langsung ke rekening resmi Panti Asuhan Betlehem, No. Rek. Bank BRI Cab. Kabanjahe 5270-01-002060-53-3. Untuk keperluan lebih lanjut, dapat menghubungi Panti Asuhan Betlehem melalui no Telp. (0628) 97218 – 97264.

 

  • ALokasi Panti Asuhan Betlehem Sibolangit

  • Ruang Kelas Panti Asuhan Betlehem

  • Salah satu kegiatan urus ternak (babi) anak-anak Panti Asuhan Betlehem

  • Salah satu kegiatan urus ternak (Ikan) anak-anak Panti Asuhan Betlehem

  • Salah satu koleksi binatang di Panti Asuhan Betlehem

  • Majalah Dinding anak-anak panti asuhan Betlehem