Connect with us

Sumut

Baksos ISKA Sumut Hadirkan Sukacita Natal dalam Panti Betlehem

Published

on

Ketua DPD ISKA Sumut Drs. Hendrik Sitompul MM adakan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Betlehem Jl.Letjen Djamin Ginting Km. 47 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumut, Sabtu (23/12/2017)

Medan-GeoSiar.com, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Sumatera Utara (Sumut) Drs. Hendrik Sitompul MM mengadakan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Betlehem Jl.Letjen Djamin Ginting Km. 47 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumut, Sabtu (23/12/2017).

Panti asuhan ini merupakan salah satu panti asuhan yang dibina dibawah ordo Fransiscan Conventual sejak tahun 1871 yang berdiri di samping gereja Katolik Kristus Sang Penebus Bandar Baru.

Jumlah anak anak di panti asuhan Betlehem yang hadir di ruang pertemuan berjumlah 50 anak yang seluruhnya berjenis kelamin laki-laki. Hingga saat ini jumlah anak yang diasuh sekitar 700 orang.

Dalam memberikan tali kasih ini turut hadir Sekretaris Umum Delpius Ginting ST,.MSP, Ketua Bidang Hukum/ Direktur LBH Iska Alexander Bintana Bukit, SH, Ketua Bidang Politik dan Ideologi Drs. Masa Bakti Sitepu MM, dan Wakil Sekretaris Don Sisco SH memberikan tali kasih kepada pengurus panti asuhan dan anak-anak di ruang pertemuan panti.

“Semoga adik-adik semua dapat menerimanya dengan penuh sukacita. Sama dengan natal ini semoga suka cita natal akan hadir di tengah-tengah kita dan bisa kita rasakan dan dapat lahir di tengah-tengah kita karena apa yang ISKA lakukan semoga bisa dirasakan manfaatnya. Kiranya semua kita dalam keadaan sehat selalu dalam berkat Tuhan. Kita juga dapat tumbuh menjadi pribadi yang terberkati. Inilah harapan kami,” ujar Hendrik.

Senada dengan yang disampaikan Hendrik, Masa Bakti juga menyampaikan tujuan dari baksos ISKA.

“Kehadiran kami disini dari hati kami yang paling dalam kami juga merasakan apa yang adik-adik kami alami, meskipun kami begini, kami juga tak sempurna,” ujar Masa Bakti menyentuh perasaan anak-anak panti.

Masa Bakti juga menyampaikan harapannya untuk anak-anak panti untuk dapat mengukir prestasi yang membanggakan.

“Kami ingin adik-adik selalu bersemangat dalam belajar dan mencapai cita-cita. Pemerintah memberikan beasiswa bagi anak-anak berprestasi, maka berlombalah untuk menjadi anak-anak yang berprestasi,” ujar Masa Bakti dalam kata sambutannya.

Anak-anak panti juga turut dimotivasi oleh Delpius Ginting untuk bergiat dalam menggapai cita-cita sebagai generasi penerus bangsa. Dalam kata sambutannya, Delpius Ginting juga memperkenalkan ISKA kepada anak-anak Panti yang peduli terhadap masyarakat sebagai garda terdepan gereja di wilayah Sumatera Utara.

“Ini adalah salah satu kegiatan ISKA sebagai suatu program rutin akhir tahun. ISKA sebuah organisasi secara nasional dan ini adalah pengurus daerah yang membaktikan diri bagi nusa dan bangsa. Semua bantuan ini merupakan sumbangsih yang berhasil dikumpulkan oleh seluruh pengurus ISKA Sumut sebagai wujud kasih tali persaudaraan kepada adik-adik semuanya,” tuturnya.

Delpius juga berharap semoga sumbangan yang diberikan dapat bermanfaat bagi seluruh anak di Panti Asuhan Betlehem.

Adapun sumbangan yang diberikan berupa bahan-bahan pangan berupa beras, minyak goreng, kacang hijau, indomie, gula, roti, teh dan juga susu. Sementara sumbangan sandang berupa baju, celana dan perlengkapan pakaian dalam serta handuk dan berbagai peralatan mandi berupa sabun cuci, shampo dan sikat gigi.

Selain itu, ISKA juga memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp. 10 juta rupiah untuk dapat digunakan memenuhi kebutuhan panti asuhan.

Pastor pembina Panti Betlehem Pastor Sebastianus Tawar Antoni Maria Ginting Munthe OFM Conv menyambut hangat kehadiran ISKA dalam menyapa anak-anak panti.

“Dengan kehadiran ISKA kami juga mengalami bahwa Kristus yang hadir itu nyata. dapat kami rasakan kehangatan, dapat kami rasakan uluran tangannya. ternyata kelahiran Yesus nyata,” tutur Pastor Sebastianus.

Pastor Sebastianus juga mengajak semua yang hadir mensyukuri berkat Tuhan yang nyata.

“Lebih mendekatkan kasih Tuhan yang nyata maka pantas kita bersyukur atas cinta, rejeki atas kehadiran bapak ibu. dan tentunya juga dirasakan anak-anak semuanya. Bapak ibu yang hadir disini yang menaruh kasih adalah orangtua mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Pastor Sebastianus mengungkapkan keharuannya lewat wujud iman melalui sumbangan yang dapat menyatukan umat Tuhan dalam satu cinta. Sebagai ucapan terimakasihnya, pastor Sebastianus mengungkapkan harapan dan doa untuk seluruh pengurus ISKA Sumut.

“Semoga pemimpin ISKA kedepan dapat menjadi garda terdepan untuk pembawa cinta, damai, keadilan di Sumatera Utara khususnya, dan di Indonesia sehingga gambaran orang katolik yang berjuang kebenaran, keadilan dan cinta,” pungkasnya bangga.(Cw1)