Connect with us

Dunia

Rubah Undang-undang, Donal Trump Bebaskan Diri dari Pajak

Published

on

Presiden Donal Trump rombak isi undang-undang pajak

Amerika Serikat-GeoSiar.com, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berhasil merombak isi undang-undang pajak yang paling menyapu dalam tiga dekade.

Perombakan undang-undang yang dilakukannya bersama dengan enam orang di lingkaran dalamnya tentu akan sangat menguntungkannya.

Perombakan yang paling mencolok ialah mengurangi pajak bagi korporasi dan orang kaya.

Tentu secara otomatis menurut analis dari think tank Washington terkemuka yakni Center for American Progress (CAP) kebijakan tersebut akan menyelamatkan Trump kira-kira 11 juta dolar AS hingga 15 juta dolar AS per tahun.

Tak hanya menyelamatkannya secara personal, melainkan juga berpotensi menyelamatkan ahli warisnya sebesar 4,5 juta dolar AS dari hasi amandemen terhadap pajak real, pajak atas pengalihan hak milik orang yang meninggal.

Berdasarkan undang-undang saat ini, 11.2 juta dolar AS pertama dari nilai estat pasangan dikecualikan dari perpajakan, dan jumlah di atas ini dikenakan pajak sebesar tingkat 40 persen. Aturan baru menggandakan pengecualian menjadi 22.4 juta dolar AS.

Sejumlah orang di lingkaran dalam Trump seperti Menteri Perdagangan Wilbur Ross, administrator Small Business Administration Linda McMahon, Menteri Pendidikan Betsy DeVos, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, dan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, juga akan menikmati keuntungan sebesar 4,5 juta dolar AS dari perubahan pajak properti.

Hal tersebut dikarenakan lebih dari 90 persen bisnis di Amerika Serikat adalah “bisnis pass-through”, maka pendapatan mereka melewati pengembalian pajak individual pemilik yang di mana pajak dikenai pajak dengan tarif pajak penghasilan biasa.

Bisa jadi dari amandemen ini biaya pajak dapat diajukan pada pengembalian bisnis yang terpisah seperti sebuah perusahaan.

Aturan pajak sweeping memotong tingkat atas pendapatan bisnis pass-through “berkualitas” dari 39 persen di bawah undang-undang saat ini menjadi 29,6 persen.

Dimuat The Guardian asumsi keuntungan penuh dari hal ini, menurut CAP diperkirakan pemotongan pajak memberikan keuntungan sebesar 11 juta dolar AS sampai 15 juta dolar AS untuk Trump, 5 juta dolar AS sampai 12 juta dolar AS untuk Jared Kushner, penasihat senior Gedung Putih dan menantu Trump dan 2.7 juta dolar AS untuk Betsy DeVos yang adalah Menteri Pendidikan. (rml/r1)