Connect with us

Sumut

Polres dan Dishub Simalungun Periksa Angkutan Umum

Published

on

Personil Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun bersama Dinas Perhubungan Simalungun melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan umum pada Kamis (21/12/2017)

Siantar-GeoSiar.com, Personil Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun bersama Dinas Perhubungan Simalungun melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan umum jelang arus mudik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 pada Kamis (21/12/2017).

Petugas mendatangi poll bus di terminal Soso Saba Prapat untuk mengecek lokasi kejadian.

“Jelang natal Satlantas kita cek kelaikan bus kota di terminal Prapat. Kalau untuk yang antar provinsi terminalnya di Pematangsiantar,” kata Kasat Lantas Polres Simalungun, AKP Hendri Nupia Dinka Barus, Kamis (21/12/2017).

Lanjut Hendri menjelaskan bahwa pemeriksaan itu dilakukan dalam upaya menekan angka laka lantas faktor kendaraan yang menyebabkan fatalitas korban.

Selain itu, tujuan pemeriksaan ini untuk mengingatkan pengemudi agar selalu mengutamakan keselamatan penumpangnya dan bukan mencari kesempatan atau kejar setoran.

“Bila ditemukan kendaraan yang tidak memenuhi standart kelaikan operasi, baik secara fisik kendaraan mau pun administrasi, maka Sat Lantas Polres Simalungun memerintahkan untuk memperbaiki dan melengkapinya,” tegas  AKP Hendri.

Kanit Regident Sat Lantas Polres Simalungun Iptu Idham Halik turun ke lokasi ditemani Kanit Dikyasa Aiptu Arwansyah. Mereka bersama anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun di terminal Sosor Saba Parapat Kabupaten Simalungun.

“Petugas gabungan melakukan pengecekan terhadap semua fungsi pada angkutan, meliputi ban, rem, porsneling, kelengkapan P3K, Racun Api, Kondisi Supir dan Kelengkapan surat-surat kendaraan,” kata Idham Halik.(trbmdn/r1)