Connect with us

Sumut

Amankan Natal, Polres Medan Gandeng TNI dan Anggota Pramuka

Published

on

1500 personel Polrestabes Medan dikerahkan untuk menjaga keamanan gereja jelang perayaan natal 2017

Medan-GeoSiar.com, Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto mulai berkeliling menyambangi sejumlah gereja di Medan jelang perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018.

Salah satu gereja yang dikunjungi Dadang yakni Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Jalan Diponegoro, tepat di depan kantor Gubernur Sumut.

Sesampainya di GPIB, Dadang menemui pengurus gereja dan mengecek kondisi sekitar gereja untuk memetakan pengamanan saat puncak ibadah natal mendatang.

“Kami ingin memantau langsung kondisi gereja guna pengamanan nanti. Sehingga, saat puncak ibadah natal nanti, umat yang datang lebih tenang beribadah,” tuturnya, Rabu (20/12/2017).

Dadang mengatakan, dirinya tidak hanya mengambangi GPIB saja, melainkan akan berkeliling ke beberapa gereja yang masuk dalam kategori prioritas.

Beberapa gereja yang masuk dalam daftar gereja prioritas berada di pusat kota wajib mendapatkan pengamanan ekstra.

Guna mencegah hal yang tak diinginkan serta menjaga keamanan acara perayaan natal, Danang mengaku tak dapat melaksanakan tugas tanpa bantuan dari umat dan warga masyarakat.

“Kami juga mengajak pemuda gereja sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga, perayaan natal tahun ini benar-benar berjalan dengan khidmat,” katanya.

Untuk pengamanan natal tahun ini, Polrestabes Medan telah mengerahkan 1500 personel untuk menjaga gereja.

Mereka nantinya akan di bagi menjadi beberapa kelompok yang dimana masing-masing terdiri dari 4 hingga 5 orang untuk berjaga di tipa gereja.

Polrestabes Medan juga menggandeng TNI, unsur pemerintahan dan melibatkan anak-anak Pramuka.

“Anak-anak pramuka juga akan dilibatkan menjaga 11 posko yang mulai dibangun sejak kemarin,” pungkasnya.(trbmdn/r1)