Connect with us

Sumut

Gubsu Tengku Erry Undang Dubes Negara Sahabat Perkenalkan Danau Toba

Published

on

Tengku Erry Nuradi bersama dubes negara sahabat (Foto: Topmetro)

Parapat-Geosiar.com, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara undang 48 Duta Besar (dubes) dari berbagai negara sahabat untuk mengenalkan wisata danau Toba. Gubsu Tengku Erry bersama para dubes negara sahabat membicarakan Pariwisata Berbasis Geopark itu di Hotel Niagara Parapat, Sabtu (16/12) malam.

“Pemerintah Provinsi mengundang 48 duta besar negara-negara sahabat untuk memperkenalkan Danau Toba. Selain itu potensi Sumut yang juga mendukung. Tentu para duta besar akan melihat perkembangan di sini agar mereka bersedia berinvestasi di sini,” ujar Gubsu didampingi sejumlah SKPD.

Dalam pertemuan tersebut hadir dubes dari Arab Saudi, India, Yordania, Turki, Yaman, Iran, Irak, Mesir, Italia, Rusia, Cheznya, Hungaria, Argentina, Afganistan, Aljazair, Armenia, Belarusia, Brazil, Pakistan, Palestina, Panama, Peru, Filipina, Rusia, Serbia, Solomon Island, Spanyol, Sudan, Thailand, Tunisia, Ukraina, Venezuela, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Kamboja, Equador, Virginia, Finlandia, Kazakhstan, Laos, Libanon, Libya, Maroko, Nigeria, Vietnam dan Myanmar.

Menurut Tengku Erry, dengan acara tersebut Pemprovsu serius dalam memajukan kawasan Danau Toba. Hingga kini Danau Toba sebagai salah satu icon Pariwisata Berbasis Geopark akan menjadi andalan pariwisata Indonesia yang kian terlihat.

Tengku Erry mengatakan pertemuan tersebut sama dengan yang dilakukan Gubernur Tengku Rizal Nurdin 12 tahun lalu melakukan pertemuan memperkenalkan Danau Toba atau Lake Toba Summit sebagai upaya peningkatan promosi pariwisata Danau Toba.

“Ini jumlah terbanyak. Biasanya satu atau dua yang datang, dan kita berikan sambutan hormat. Kali ini sampai 48 negara yang kita undang ke Danau Toba,” katanya.

Selain dihadiri dubes negara sahabat, pertemuan dihadiri sejumlah pejabat Pemprovsu, Kepala Bappeda, dan r Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo. (Tmto/R2)