Connect with us

Sumut

Tingkatkan RTH Medan, Kopasude Tanam 1.250 Pohon

Published

on

Medan-Geosiar.com, Undang-Undang (UU) Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang mengamanatkan ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) harus mencapai 30 persen dari luas kawasan. Namun, ketersedian RTH di Kota Medan masih dibawah 10 persen.

Merepon fakta tersebut, Yayasan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) bersama lembaga dan komunitas lain peduli lingkungan melakukan aksi menanam 1.250 bibit pohon di sekitar Kanal Kecamatan Medan Johor, Jumat (15/12/2017).

“Selain untuk memenuhi kuota yang diamanatkan UU bahwa setiap kota setidaknya harus memiliki 30 persen RTH, cita-cita kami ke depan lokasi ini akan kami jadikan taman edukasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar terutama anak-anak di sini,” jelas Ketua Yayasan Kopasude, Adriyan Dwi Pradipta

Adriyan mengatakan di arel tanah seluas 4 hektare tersebut telah ditanami dengan bibit buah-buahan dan tanaman keras. Bukan sekadar menanam, pihaknya nantinya bakal merawat tanaman ini hingga tumbuh besar.

“Areal ini nantinya akan dikelola masyarakat dan kita yang akan mendampinginya,” katanya.

Sedangkan Ketua Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (DD-Walhi) Sumut, Misran Lubis mengatakan pihaknya menyambut baik inisiatif yang positif dari Yayasan Kopasude. Selain menjadi RTH yang mengedukasi, areal ini nantinya juga harus bisa menonjolkan fungsi ekonomi dan sosial.

Terkait penanaman pohon di areal tersebut, warga sekitar dan elemen terkait diharapkan ikut berpartisipasi. Apalagi, lokasi ini tak jauh dari SMA Negeri 13. Paling tidak siswa-siswa SMA Negeri 13 ini harus ikut terlibat dalam memelihara dan merawat tanaman yang sudah mereka tanam di tempat tersebut.

Mewakili Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Wampu-Sei Ular, Syarif menambahkan, memang sudah menjadi tugas BPDAS untuk melakukan rehabilitasi kawasan yang memang perlu direhabilitasi.

Syarif menyebut Kopasude mempunyai visi yang sama dengan pihaknya. Oleh karenanya pihaknya akan mendukung program Kopasude ini melalui penyediaan bibit dan pemeliharaan selama 3 tahun ke depan. (Anl/R2)