Connect with us

Nasional

Ini Sindiran Jusuf Kalla Untuk Setya Novanto

Published

on

Wakil Presiden jusuf Kalla

Semarang-Geosiar.com, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri pembukaan seminar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Semarang, Kamis (14/12/2017). Dalam pidato kunci seminar tersebut, Jusuf Kalla menyindir Ketua Non Aktif Partai Golkar, Setya Novanto.

“Akuntan yang baik akan menumbuhkan negeri ini, tapi ada juga akuntan yang kurang baik, seperti orang yang paling dicari minggu ini, dan kelihatannya sakit, juga akuntan, tapi saya yakin dia bukan anggota Anda,” kata Kalla.

Setya Novanto sendiri tercatat pernah menjalani pendidikan akuntansi di Universitas Widya Mandala Surabaya.

Setya Novanto mengaku sakit diare dan menolak menjawab ketika hakim menanyakan identitasnya dalam sidang perdana sebagai terdakwa kasus korupsi dalam pengadaan KTP Elektronik pada Rabu (13/12).

“Tadi saya tanya Pak Mardiasmo, apakah dia anggota Anda, dia bilang bukan, jadi saya kira jika Anda akuntan yang baik pasti termasuk anggota IAI,” kata JK, disambut tepuk tangan para anggota IAI.

Saat penyampaian pidato kunci tersebut, Jusuf Kalla menekankan peran kunci profesi akuntan dalam menjaga transparansi dan evaluasi keuangan. JK berharap agar para akuntan tidak hanya mencari kesalahan, tetapi juga menberi solusi supaya kealahan tidak terjadi lagi.

“Jangan sampai demi mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), menggunakan segala cara, tapi harus dengan jalan yang lurus, shirotol mustaqim dari akuntan-akuntan,” kata dia.

Dalam peringatan 60 tahun IAI tersebut, hadir pula Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, dan Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara.

Juga dihadiri Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI Mardiasmo, Presiden Federasi Akuntan Internasional (IFAC) Rachel Grimes dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Ant/R2)