Connect with us

Nasional

Wakil Ketua DPR: Penetapan Pengganti Setya Novanto Ranah Golkar

Published

on

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan

Medan-Geosiar.com, Penetapan pengganti Setya Novanto sebagai Ketua DPR merupakan kewenangan Fraksi Partai Golkar sebagai kepanjangan tangan DPP Partai Golkar. Hal ini diungkap Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

“Siapa pun pengganti Pak Novanto menjadi ranah Fraksi Partai Golkar sehingga Pimpinan DPR tidak akan ikut campur,” kata Taufik.

Taufik menyerahkan sepenuhnya pengganti Setya Novanto sebagai ketua DPR kepada Partai Golkar. Taufik mengakui pimpinan DPR baru menerima surat resmi pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR pada Senin (11/12) pagi. Surat kemudian ditanggapi denggan langsung membahasnya dalam Rapat Pimpinan yang berlangsung cukup lama sehingga pelaksanaan Rapat Paripurna harus diundur.

“Surat pengunduran diri dilampiri surat-surat lain, ada sekitar enam surat dari Fraksi Partai Golkar dan DPP Partai Golkar,” katanya.

Politisi PAN itu mengatakan Rapat Pimpinan DPR menyepakati perlunya pembahasan lebih lanjut untuk disampaikan ke pemimpin fraksi-fraksi dalam Rapat Pengganti Badan Musyawarah (Bamus).

“Rapat Pengganti Bamus berjalan biasa saja karena perbedaan pandangan dan penyampain persepsi itu merupakan bagian dalam dinamika sehingga alhamdulillah disepakati musyawarah mufakat,” katanya.

Taufik mengaku dari 10 fraksi yang diminta pendapat, semuanya sepakat menilai dinamika di Fraksi Golkar merupakan bagian yang tidak perlu diperpanjang dan bukan ranah Bamus. (Ant/R2)