Connect with us

Nasional

DPR RI Nilai Sumut Matang Atasi Lonjakan Pemudik Natal dan Tahun Baru 2018

Published

on

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Surratto

Medan-GeoSiar.com, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Surratto menyatakan kesiapan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk menghadapi arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru 2018.

Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau Tim Komisi V di Pelabuhan Belawan, Sumut, Sabtu (09/12/2017).

Berdasarkan pantuan Komisi V terhadap sejumlah moda transportasi umum di Sumut, Anton optimis bahwa persiapan transportasi dalam menyongsong pergantian tahun telah memadai.

Setelah meninjau kondisi di pelabuhan, Anton dan rombongan beranjak meninjau transportasi udara di Bandara International Kualanamu. Kemudian berlanjut ke Tol Belmera, dan Stasiun Kereta Api Medan.

“Kita mengecek persiapan transportasi di Sumut, mulai dari moda transportasi darat, laut dan udara, saya pikir tidak ada masalah, semoga lancar semua hingga pada peak session yaitu 23 Desember dan 6-7 Januari 2018,” tutur Anton.

Persiapan sejumlah transportasi menurut Politisi dari F-Demokrat ini dinilai sudah cukup bagus.

Apalagi, menurut Anton kondisi di Pelabuhan Belawan sebagai salah satu Pelabuhan tersibuk di luar Pulau Jawa sudah diperkirakan dapat mengatasi arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

“Hanya saja, kita penginnya sama halnya dengan Bandara Kualanamu, ada sarana kereta api juga dari Belawan ke Kota Medan. Tapi sementara kereta apinya belum ada, jadi kita minta angkutan massal seperti bus diperbanyak,” terangnya.

Otoritas pelabuhan juga disarankan untuk menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dan selalu berkoordinasi dengan BMKG sebagai upaya mengatasi cuaca ektrem yang terjadi di Sumut.

Dalam hal ini, Anton juga meminta Basarnas untuk selalu sigap dan siaga menghadapi cuaca kurang bersahabat seperti saat ini.

Sementara itu, pihak Otoritas Pelabuhan Belawan menyatakan kesiapannya dalam mengatasi pemudik di hari Natal dan Tahun Baru.

PT Pelni sudah menyiapkan armadanya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan hingga 60 persen dengan berkoordinasi secara intensif dengan PT Pelindo untuk menyediakan bus bantuan selama puncak arus mudik.

Dengan persiapan transportasi darat, laut dan udara maka diperkirakan lonjakan penumpang di Sumut dapat diantisipasi. (brtsr/r1)