Connect with us

Nasional

Panglima TNI Yang Baru Akan Dilantik Hari Ini

Published

on

Marsekal Hadi Tjahjanto saat mengikuti uji kelayakan menjadi Panglima TNI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta

Jakarta-Geosiar.com, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Kepala Staf Angkatan Udara TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12) sore. Pelantikan Hadi menjadi Panglima TNI dijadwalkan akan dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor.

Kepastian ini diungkap Juru bicara Istana Kepresidenan, Johan Budi Sapto Pribowo, yang memastikan soal agenda pelantikan itu. “Dapat konfirmasi, pelantikan Panglima TNI dilakukan hari ini,” ujar Johan, Jumat, 8 Desember 2017.

Johan melanjutkan, pelantikan Hadi Tjahjanto akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pukul 16.30.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafid juga membenarkan informasi mengenai kabar pelantikan Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI. Hanya saja belum ada informasi lebih lanjut mengenai hal ini dari pihak istana. “Ya betul (pelantikan hari ini),” ucap Meutya ketika dihubungi terpisah.

Seperti diketahui, Marsekal Hadi telah mendapat persetujuan dari DPR untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada Maret 2018 nanti. Hadi sudah menjalani fit and proper test dari DPR pada Rabu (6/12).

Setelah ujian, anggota DPR yang hadir di situ menyatakan setuju dengan penunjukkan Hadi sebagai Panglima TNI. Dalam rapat paripurna pada Kamis, 7 Desember 2017, DPR mengesahkan jabatan baru Hadi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Hadi sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Surat penunjukkan Hadi tersebut dikirimkan ke DPR pada Senin, 4 Desember 2017.

Jika nantinya pelantikan Hadi digelar di Istana Kepresidenan Bogor, ini menjadi sejarah baru dalam pelantikan Panglima TNI. Ini berbeda dengan kebiasaan Presiden Jokowi yang melantik pejabat tinggi di Istana Negara, Jakarta. (Tpo/R2)