Connect with us

Nasional

Menteri Puan Maharani Kecam Keras Presiden AS

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani

Jakarta-GeoSiar.com, Pemerintah Amerika Serikat secara sepihak yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel pada Kamis (7/11/2017) dini hari.

Tak hanya memunculkan pernyataan kontroversial mengenai pengakuan Yerusalem saja, namun Presiden AS tersebut berencana akan memindahkan Kantor Kedutaan Besarnya ke Yerusalem ke dikecam keras Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Puan Maharani yang menjabat dalam Kabinet Kerja (2014–2019) mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap keputusan sepihak AS yang mendukung Israel.

“Keputusan Pemerintah Amerika Serikat itu jelas sangat mengecewakan kita semua,” jelas Puan sesaat setelah rangkaian acara Kirab Pemuda di Blitar (Kamis, 7/12/2017).

Menanggapi hal tersebut, Puan menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia konsisten dan akan terus memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina yang tertindas.

“Sikap Pemerintah Indonesia terhadap Palestina sudah jelas dari masa Pemerintahan Bung Karno hingga sekarang yaitu tetap konsisten mendukung kemerdekaan penuh bagi Bangsa Palestina,” tukas Puan.

Putri Megawati ini mengkhawatirkan keputusan Pemerintah Amerika Serikat ini akan memantik ketegangan baru di wilayah Timur Tengah. Puan berharap agar masyarakat Indonesia mempercayakan penyelesaian konflik ini kepada pemerintah.

“Pemerintah Indonesia akan terus konsisten mendukung kemerdekaan Bangsa Palestina,” pungkas Puan. (nrml/r1)