Connect with us

Nasional

Paripurna DPR Restui Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Published

on

Suasana Sidang PAripurna DPR RI (Ilustrasi)

Jakarta-Geosiar.com, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto disetujui Dewan Perwakilan Rakyat untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang akan pensiun. Penyetujuan ini diambil melalui sidang paripurna ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017-2018 di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Semua anggota DPR yang menghadiri Sidang Paripurna tersebut menyatakan setuju ketika Wakil Ketua DPR Fadli Zon menanyakan apakah laporan Komisi I DPR tentang hasil uji kelayakan calon Panglima TNI dapat disetujui.

Setelah penyetujuan itu, DPR akan mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk merekomendasikan pelantikannya.

Menurut Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyari, Komisi I DPR sebelumnya telah mendapatkan penugasan untuk membahas pemberian persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI berdasarkan Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus DPR tanggal 4 Desember 2017.

Setelah penugasan tersebut, Komisi 1 DPR kemudian menggelar rapart intern tanggal 5 Desember 2017 memutuskan untuk melaksanakan pemberian persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI pada tanggal 6 Desember 2017.

“Keputusan diambil Komisi I DPR secara musyawarah mufakat,” kata Abdul Kharis.

Kharis juga mengucapkan terima kasih kepada Jenderal Gatot Nurmantyo yang telah melaksanakan tugas dengan baik sebagai Panglima TNI. Dijadwalkan Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. (Ant/R2)