Connect with us

Olahraga

Aceh-Sumut Kumpulkan 70% Dukungan Menjadi Tuan Rumah PON XII/2024

Published

on

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi membuka secara resmi Musyawarah Provinsi (Musprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara.

Medan-Geosiar.com, Aceh dan Sumatera Utara kian optimis menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024 setelah mendapat dukungan dari sejumlah KONI KONI provinsi se tanah air. Saat ini, tim pemenangan tengah bergerilya mencari dukungan ke sejumlah KONI di Indonesia.

“Alhamdulillah, saat ini Aceh-Sumut sudah mengumpulkan 21 surat dukungan (70 persen) dari KONI KONI provinsi di tanah air,” jelas Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis melalui Sekum Chairul Azmi Hutasuhut melalui pesan seluler dari Makassar, Rabu (6/12/2017).

Dia mengatakan, Tim Pemenangan Aceh-Sumut tuan rumah bersama PON XXI/2024 sejak Selasa (5/12) hingga Jumat (8/12) “bergerak” ke Pulau Borneo Kalimantan dan Sulawesi mengumpulkan surat dukungan.

Aceh-Sumut telah membentuk tim pemenangan yang bergerak ke sejumlah provinsi untuk mendapatkan dukungan. Tim pemenangan dibgi atas 3 kelompok. Tim Satu dipimpin Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis bersama Kadisporasu H Baharuddin Siagian dan Wakil Ketua KONI Aceh Muzakir Bintang berkunjung ke Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Tim Dua terdiri atas Waka II KONI Sumut Sakiruddin, Sekum H Chairul Azmi Hutasuhut bersama Waka VI KONI Aceh Faisal Syaefuddin, Wakil Bendahara Bardan Sahidi dan Binpres Andre menuju Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan Tim Tiga yakni, Waka I KONI Sumut Agung Sunarno, Kabid Binpres Mesnan dan Waka KONI Aceh H Abu Razak dan H Rayuan Sukma bertandang ke Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

“Dalam kunjungan pertama Rabu kemarin, ketiga tim membawa pulang surat dukungan dari Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Utara. Kamis Besok (hari ini red), ketiga tim tinggal menjemput surat dukungan dari Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur yang Memang sudah mereka janjikan,” ujar Chairul.

Pada Kamis ini, (7/12) diharapkan tim pemenangan telah mengumpulkan 21 dari 33 surat dukungan yang Ada. Adapun dukungan untuk Aceh-Sumut, dari Pulau Sumatera 8 (Aceh,. Sumut, Riau, Jambi, Babel, Sumsel, Bengkulu dan Lampung), Pulau Jawa 5 (DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Banten dan Jatim), Sulawesi 5 (Sulsel, Sulut, Gorontalo, Sultra dan Sulteng), Kalimantan 3 (Kaltara, Kaltim dan Kalbar).

Menurut Chaiul jumlah ini alkan terus bertambah mengingat Provini ulawesi Barat, Papua dan Papua Barat berjanji akan memberikannya, atau tinggal menjemputnya saja. Dengan semakin banyaknya dukungan, Chairul optimis Aceh-Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024.

Selain Aceh-Sumut, provinsi lain yang mendaftar menjadi tuan rumah PON 2024 yakni Kalimantan Selatan, Bali-NTB dan Sumbar.(Mbd/R2)