Connect with us

Sumut

Gubsu Tengku Erry Buka Job Fair di Lanud Soewondo, 2.500 Lowongan Kerja Dibuka

Published

on

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi

Medan-Geosiar.com, Job Fair atau pameran kesempatan kerja 2017, di Landasan Udara Suwondo atau bekas Bandara Polonia, Medan, Selasa (5/12/2017) resmi dibuka Gubernur Sumut Erry Nuradi. Pameran kesempatan kerja 2017 diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Sumut bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma ini berlangsung hingga besok (6/12/2017).

Seusai pembukaan job fair tersebut, Tengku Erry menyatakan kesempatan ini bisa dimanfaatkan para pencari kerja khususnya yang baru menyelesaikan studinya (fresh graduate). Apalagi pelamar bisa melamar di lebih satu perusahaan dalam waktu yang sama.

Meski demikian, lowongan pekerjaan yang diberikan pada job fair kali ini dinilai sedikit, yakni 2.500. Sedangkan angka pengangguran berdasarkan data data Badan Pusat Statistik per-Februari 2017 sebanyak 430.000. Dengan demikian daya serap Job Fair yang disebut-sebut diikuti 500 perusahaan kurang dari 1%.

Namun Erry menyatakan soal ketimpamangan tersebut, lowongan itu sudah lebih baik dibandingkan tidak sama sekali.

Ribuan pencari kerja sejak pagi saat even dibuka tampak berdatangan ke lokasi digelarnya job fair. Tempat penyelenggaraan job fair yang berjarak kurang lebih 2 km dari pintu gerbang tidak mengurangi antusiasme mereka memanfaatkan peluang.

penyelenggaran job fair kali ini dicatat Museum Dunia Museum Rekor Indonesia (MURI) memecahkan rekor mlah perusahaan yang ikut serta. Dengan demikian masing-masing penyelenggara; Disnaker Sumut, BPJS Ketenagakerjaan Sumut dan STIM Sukma, dianugerahi sertifikat rekor MURI.

“Sebenarnya saya hitung ada 503 perusahaan pesertanya, tapi oleh panitia dikatakan 500 saja,” kata Manager Marketing MURI Andre Purwandono. (Mbd/R2)