Connect with us

Nasional

DPR RI Akan Bacakan Surat Presiden Terkait Pergantian Penglima TNI

Published

on

Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR mempertimbangan keputusan Presiden mengenai pengangkatan Panglima TNI yang baru

Medan-GeoSiar.com, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fahri Hamzah mengatakan pihaknya akan membacakan surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal pergantian Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2017).

Menurut Fahri dalam Rapat paripurna DPR hari ini tak hanya melaporkan program legislasi nasional (Prolegnas) 2018 dan pengesahan undang-undang meliankan juga akan membacakan surat dari Presiden tersebut.

“Tentu surat masuk akan dibacakan dan di antaranya ada surat presiden tentang pergantian Panglima TNI,” tutur Fahri.

Menurut Fahri dalam paripurna, DPR juga akan mengungkap soal figur Marsekal Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Stat Angkatan Udara (KSAU).

Terkait figur Hadi, Fahri percaya Jokowi memiliki pertimbangan yang baik ketika menentukan pilihan calon Panglima TNI, terutama untuk masa depan TNI.

“Pak Jokowi sewaktu memilih para pembantunya pagi sudah bicara dengan mereka, pasti juga sudah mendiskusikan dengan Pak Gatot yang akan diganti dan sudah bicara dengan Pak Hadi,” tutur Fahri.

Sebelumnya, Menteri Sekretariat Negara Pratikno memberikan surat berisi pengusulan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada DPR RI.

“Tadi pagi saya menerima Mensesneg Profesor Pratikno yang menyampaikan surat dari presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan juga rencana untuk pengangkatan atau pergantian kepada Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru,” pungkas Fadli Zon (lpt6/r1)